Penyerahan DP4 Kota Bandung

Walikota Bandung  Dada  Rosada menyerahkan  DP4 (Daftar penduduk  Potensial Pemilih Pemilu) Kota Bandung  kepada Ketua KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kota

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:40
Penyerahan  DP4 Kota Bandung
Penyerahan DP4 Kota Bandung

Walikota Bandung  Dada  Rosada menyerahkan  DP4 (Daftar penduduk  Potensial Pemilih Pemilu) Kota Bandung  kepada Ketua KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kota Bandung Apipudin di Ruang Serbaguna Lt 3 Balai Kota Bandung ,Kamis (7/2). Tercatat DP4 Kota Bandung Sebanyak  1.796.107. Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Walikota Bandung Ayi Vivananda, Sekretaris Daerah Kota Bandung Edi Siswadi dan sejumlah Pejabat  dilingkungan Pemerintahan Kota Bandung.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung (Kadisdukcapil) Meivi Adha Krisnan, diserahkannya DP4 tersebut   oleh Pemerintah Kota Bandung kepada KPU Kota Bandung bertujuan untuk membantu KPU Kota Bandung dalam rangka pemutakhiran data pemilih yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kuaalitas pelaksanaan pemilu 2014 nanti.

Lebih lanjut dikatakan Meivy, bahwa penyerahan DP4 Pemilu 2014 ini dilaksanakan secara serentak di 33 Provinsi di dan 491 Kabupaten Kota seluruh Indonesia. Menurutnya dalam DP4 itu terdapat no urut, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nama lengkap, Jenis Kelamin, status, alamat lengkap, tempat tanggal lahir dan jenis kecacatan.

Sementara itu menurut Walikota Bandung seusai menyerahkan DP4, mengatakan bahwa DP4 yang diserahkan kepada KPU Kota Bandung masih merupakan data mentah dan masih memerlukan proses Verifikasi dan pemutakhiran  oleh KPU.

“ Hari ini kita menyerahkan DP4  kepada KPU masih merupakan data sementara yang masih harus diolah kembali dan dimutakhirkan oleh KPU dengan cara mendata lagi masyarakat apakah sesuai atau tidak dan bila angka yang diserahkan tidak sesuai maka akan dimutakhirkan lagi “ ujar Dada.

Dada juga menjelaskan bahwa DP4 tersebut bukan hanya sebagai patokan untuk Pilgub di lingkungan Kota Bandung tetapi juga digunakan untuk pedoman prediksi pemilih potensial bagi semua kegiatan PEMILU.

“DP4 ini digunakan mulai dari Pilkada, Pilkot, Pilgub hingga Pilpres data data ini merupakan data pemilih potensial yang menurut KPU potensial berarti masil bisa dilakukan perubahan sebelum menjadi data yang tetap , akurat dan akuntabel ” tegas Dada.

Dada juga menambahkan bahwa dibanding 5 tahun sebelumnya terjadi peningkatan jumlah pemilih potensial yang ada di Kota Bandung, dimana pada tahun 2008 berjumlah kurang lebih 1,6 juta , sedangkan pada tahun 2013 ini tercatat sejumlah 1.796.101 data pemilih potensial. “Sehingga dalam lima tahun sekitar 190 ribu lebih,” pungkasnya. (www.bandung.go.id)