Pelantikan Sekretaris Daerah Kota Bandung

Pelantikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Yossi Irianto dilakukan oleh Wali Kota Bandung Dada Rosada, di Ruang Serba Guna Bermartabat, Balaikota Ban

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:42
Pelantikan Sekretaris Daerah Kota Bandung
Pelantikan Sekretaris Daerah Kota Bandung

Pelantikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Yossi Irianto dilakukan oleh Wali Kota Bandung Dada Rosada, di Ruang Serba Guna Bermartabat, Balaikota Bandung, Jalan Wastukancana No.2 Bandung, Jumat, (16/8) Malam. Pelantikan disaksikan oleh Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda, dan sejumlah pejabat Kota Bandung.

Pengangkatan Yossi Irianto, berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat  No.821/KEP.1061-BKD/2013  Tentang Pengangkatan Drs. Yossi Irianto M.Si, menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung. Yossi Irianto yang sebelumnya menjabat Asisten Administrasi Umum Kota Bandung kemudian menjadi Plt Sekda menggantikan Sekda sebelumnya, Edi Siswadi yang mengundurkan diri karena mengikuti pencalonan Walikota Bandung 2013-2018.

Dalam sambutannya Wali Kota Bandung Dada Rosada mengatakan bahwa pelantikan tersebut bukan sekedar mengisi kekosongan jabatan atau mengukuhkan Plt. menjadi definitif Sekda, tetapi juga sebagai momentum konsolidasi jajaran birokrasi dalam menyongsong babak baru kepemimpinan daerah periode 2013-2018, khususnya melanjutkan fondasi yang telah dibangun.

Dada juga menyampaikan bahwa posisi Sekda adalah posisi yang strategis , karena Sekda juga bisa disebut sebagai  tangan kanan Walikota dan Wakil Walikota.

“Posisi ini begitu strategis karena bisa disebut sebagai tangan kanan bagi Walikota dan Wakil Walikota, terutama untuk menggerakkan mesin birokrasi dan menjalanakan Visi dan Misi Kepala Daerah,” ujar Dada.

Lebih lanjut Dada juga menambahkan bahwa tugas Sekda saat ini tentu tidak lebih ringan dibandingkan dengan tugas Sekda sebelumnya, karena harus dapat beradaptasi dan mengakomodasi pergeseran aspirasi, nilai dan harapan baru masyarakat, sebagaimana tercermi dari hasil Pilwalkot dua bulan yang lalu.

“Meski secara fungsional bertanggungjawab langsung pada Walikota dan Wakilnya, dilain pihak Sekda juga harus membaca dinamika yang sedang berkembang dalam masyarakat, terutrama untuk mempersiapkan dan mengintegrasikan segala potensi guna mendukung setiap kebijakan yang diberikan oleh Kepala Daerah,” ungkapnya.

Menurut Dada sebagai konsekwensinya Sekda baru harus melakukan konsolidasi internal baik terhadap tugas-tugas staff atatu pembantuan, maupun tugas-tugas lini atau tehnis operasional yang esensinya adalah menjamin efisiensi dan efektifitas pelaksanaan tugas pemerintahan.

“Sekda baru bisa merujuk kepada program-program yang sudah berjalan, antara lain meneruskan 13 Perintah Walikota untuk mempercepat reformasi Birokrasi,” paparnya.

Dada juga meyakini 13 Perintah tersebut akan menjadi pondasi yang kuat dalam membentuk postur birokrasi yang profesional.

“Untuk itu saya minta pada Sekda yang baru dilantik agar memelihara dan meningkatkan kualitas hasil-hasil pembangunan, menuntaskan sisa pekerjaan yang belum terselesaikan serta menjadi pejabat yang proaktif dalam melayani Kepala Daerah, mengkoordinasikan SKPD dan mengabdi kepada Masyarakat,” pungkasnya.

Sesaat sebelumnya, ditempat yang sama dilaksanakan pula pelantikan sebanyak 128 orang di Lingkungan Pemerintah Kota Bandung Eselon III dan IV oleh Wakil Wali Kota Bandung, Ayi Vivananda.

Rotasi dan mutasi para Pejabat tersebut diantaranya Drs. Roni Ahmad Nurudin sebagai Kepala Tata Usaha Sekretariat Daerah Kota Bandung menggantikan Jaja Nurjaman yang dilantik menjadi Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah Kota Bandung serta  H. Yan Achmad Sofyan, SE, M.Si menjadi Kepala Bagian Tata Usaha Pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Bandung menggantikan Drs. Roni Ahmad Nurudin, selain yang dilantik dan diambil sumpahnya hanya 1 orang pejabat lainnya memasuki masa pensiun.

Menurut Wakil Wali Kota Bandung, pelantikan ini merupakan bagian dari pengembangan dan kepentingan organisasi jangka panjang untuk mengakselerasi visi Kota Bandung sebagai kota jasa yang bermartabat.

Secara khusus dalam kesempatan tersebut, Ayi mengucapkan selamat kepada pejabat yang baru  dilantik disertai harapan sikap jujur dan amanah, juga  kepada PNS yang telah memasuki masa purnabakti, ia mendo'akan supaya tetap sehat dan dapat terus mengabdi untuk kepentingan masyarakat diluar  kedinasan. (www.bandung.go.id)