FESTIVAL SEPAKBOLA

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil membuka festival Sepakbola KU10, KU12 dan KU15, di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Sabtu (28/9). Festival tersebut diikuti

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:42
FESTIVAL SEPAKBOLA
FESTIVAL SEPAKBOLA

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil membuka festival Sepakbola KU10, KU12 dan KU15, di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Sabtu (28/9). Festival tersebut diikuti 36 Klub anggota Pengcab PSSI Kota Bandung, dan akan berlangsung mulai 28 September hingga 6 Oktober 2013. Ditandai dengan tendangan pinalti oleh Wali Kota Bandung, festival tersebt resmi di gelar.

 Menurutnya, keberhasilan olahraga atau lebih khusus sepakbola harus ditunjang oleh tiga faktor yaitu memperbanyak kompetisi, dukungan sarana prasarana, serta menjadikan bidang tersebut sebagai bagian dari kultur budaya.

 “Kompetisi bisa di lakukan di level manapun, dan tidak harus diikuti oleh klub, tapi bisa juga antar usia, wilayah, bahkan ibu-ibu sekalipun,” ujar Wali Kota Bandung seusai membuka festival sepakbola tersebut.

 Hal lainnya yang membuat keberhasilan adalah sarana prasarananya. Wali Kota Bandung mencontohkan ketika dirinya berkunjung ke Brasil, di sana setiap belokan jalan selalu ada lapangan sepakbola, kemudian penerangannya pun menyala 24 jam, sehingga mau kapan saja bermain sepakbola bisa dilakukan.

 Dan hal terakhir menurutnya, adalah menjadikan sepakbola sebagai budaya atau kultur di dalam kesempatan atau di mana saja. “Mudah-mudahan dengan konsep tersebut ada di Kota Bandung, kemudian mempunyai kultur yang khas, sehingga nantinya anak-anak bisa menjadi pemain profesional di masa depan,” harap Wali Kota Bandung.

 Sebagai bagian dari Pemerintah Kota Bandung, Wali Kota Bandung tentu saja akan mendorong untuk pengadaan berbagai fasilitas dan infrastruktur. “Saya sudah berkoordinasi dengan para camat untuk mencarilahan kosong yang dapat dijadikan sebagai lapangan sepakbola, apabila tidak ada, maka dapat menyewa lahan kosong kepada pemilik tanah untuk dijadaikan sebagai lapangan sepakbola,” jelasnya.

 Sementara itu menurut ketua harian Pengcab PSSI Kota Bandung Dandan Riza Wardhana, melalui festival sepakbola tersebut yang diikuti oleh atlet-atlet muuda, akan dapat menjadikan cikal bakal pemain Persib Bandung di masa mendatang.

 “Berdasarkan pengalaman, para pemain Persib Bandung dan pemain Timnas, biasanya muncul dari kompetisi-kompetisi seperti ini,” jelasnya. (www.bandung.go.id)