GENTRA ANGKLUNG MEDIA JUARA

Dalam rangka hari Angklung Dunia yang jatuh pada tanggal 16 November 2013. Pemerintah Kota Bandung bersama LSM Cipta Dewi, akan mengadakan kegiatan Gentra A

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:42
GENTRA ANGKLUNG MEDIA JUARA
GENTRA ANGKLUNG MEDIA JUARA

Dalam rangka hari Angklung Dunia yang jatuh pada tanggal 16 November 2013. Pemerintah Kota Bandung bersama LSM Cipta Dewi, akan mengadakan kegiatan Gentra Angklung Bandung Juara.

Sehubungan telah ditetapkannya Angklung as World Intangible Heritage dari Indonesia oleh Unesco pada 16 November 2010, sekaligus menetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Angklung Dunia. Kegiatan ini  bertujuan untuk memperingati hari angklung  sekaligus menunjukkan upaya pelestarian angklung sebagai budaya asli Indonesia.  Sehingga memunculkan kesadaran rasa memiliki Angklung sebagai budaya asli bangsa.

Acara Gentra Angklung Bandung Juara (GABJ) ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 November 2013, pada pukul 9.30-10.30 WIB bertempat di Pendopo Wali Kota Alun Alun Bandung.

Kegiatan berbentuk live streaming permainan angklung oleh komunitas, sekolah-sekolah dan masyarakat Bandung  dari 10 titik lokasi di Bandung sebagai berikut; UPI, ITB,Gedung Merdeka, Kampus Taruna Bakti,  Pendopo, Rancabolang, Kawasan Cikapayang Dago,Saung Angklung Udjo, Balai Pelestarian Nilai Budaya yang dipandu langsung oleh Bapak Wali Kota Bandung,  M. Ridwan Kamil. ST.

Setiap titik melibatkan lebih kurang  50-150 pemain angklung, sementara di pendopo sekitar 500 orang,dimana mereka terdiri dari  komunitas angklung anak anak tk ,sd ,smp, smu, mahasiswa, eksekutif muda ,karang taruna  dan lansia.

Bersama ini pula , Kami mengajak masyarakat umum yang memiliki Angklung, atau alat apapun yang dapat dibunyikan untuk dimainkan/dibunyikan bersamaan  pada hari Sabtu, 16 Nov 2013, tepat pada pukul 10.00 WIB selama 10 detik, merekamnya lalu mengunggah nya ke dalam youtube dengan hashtag #gentraangklungbandungjuara#.

Dengan harapan menjadi trending topic dalam youtube, dan memberi semangat kepada masyarakat luas untuk selalu mencintai angklung.sebagai warisan budaya Indonesia khususnya jawa barat. (www.bnadung.go.id)