LAUNCHING BUS SEKOLAH GRATIS

Setelah sebelumnya program bus sekolah gratis bagi pelajar SD, SMP, SMA dan sederajat hanya pada hari senin, saat ini program tersebut bisa dinikmati juga oleh

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:42
LAUNCHING BUS SEKOLAH GRATIS
LAUNCHING BUS SEKOLAH GRATIS

Setelah sebelumnya program bus sekolah gratis bagi pelajar SD, SMP, SMA dan sederajat hanya pada hari senin, saat ini program tersebut bisa dinikmati juga oleh pelajar pada hari Kamis. Hal tersebut diungkapkan oleh Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil seusai meluncurkan bus sekolah gratis untuk pelajar pada hari Kamis, di Plaza Balai Kota Bandung, Senin (17/2). Ikut mendampingi Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial, General Manager (GM) Perum DAMRI Cabang Bandung Sadiyo Sardi dan perwakilan Istana Grup.

Setelah sebelumnya bantuan untuk program bus sekolah gratis berasal dari bantuan Baitul Maal Muamalat (BMM) dan PT Agung Podomoro Land, yang bekerjasama dengan Perum Damri, maka untuk hari Kamis ini berasal dari bantuan PT Istana Grup.

“Kita memilih Senin dan Kamis untuk Bus Sekolah Gratis agar supaya seperti puasa sunahnya orang islam,” ujar Wali Kota Bandung seusai meluncurkan program tersebut.

Lebih lanjut Wali Kota juga menuturkan, dengan adanya program bus sekolah gratis bagi pelajar ini selain mengurangi kemacetan juga berkorelasi dengan peningkatan kesejahteraan karena mereka bisa menghemat uang transportasi.

“Apalagi jika pelajar juga ikut puasa senin dan kamis seperti program bus sekolah gratis tersebut, selain menghemat uang transportasi juga menghemat uang jajan mereka,” jelasnya.

M. Ridwan Kamil pun menuturkan, bahwa dengan program yang telah diluncurkan oleh Pemkot Bandung mendapat respon yang baik dari beberapa Kota di Indonesia yang ikut mencontoh program tersebut, seperti Kota Prabumulih dan di Sulawesi.

“Berita baiknya dari program yang kita luncurkan ini, menginspirasi a beberapa daerah di kota lain yang mengikutinya,” ucapnya.

Untuk itu Wali kota juga masih menghimbau kepada perusahaan-perusahaan dengan dana CSR nya agar mau membantu program tersebut, karena masih ada beberapa hari lain yang belum dapat di gratiskan pelayanan angkutannya untuk pelajar.

“Kita terbuka menerima bantuan untuk program ini, Pemerintah Kota Bandung hanya sebagai saksi dalam program ini, jadi pihak ketiga mensponsori dan bekerja sama denga pihak angkutan, seperti dengan Perum Damri, mudah-mudahan dengan banyaknya bantuan maka progrma ini bisa dilaksanakan setiap hari,” jelasnya.

Terkait dengan adanya beberapa aduan dari pelajar bahwa bus damrinya tidak mau berhenti dan membawa mereka, menurut Sadiyo Sardi apabila memang ada hal seperti itu, silahkan adukan saja ke no yang tertera di badan Bus, dan pihak Damri berjanji akan menindaknya.

“Apabila ada hal seperti itu, laporkan saja kepada saya, nanti pasti saya tindak lanjuti, bahkan kita skorsing,” ujarnya.

Sadiyo pun menegaskan komitmennya bahwa Damri akan selalu mengangkut pelajar pada hari senin dan kamis pada semua jurusan di sebelas trayek, kecuali memang bus tersebut tidak memungkinkan seperti sudah penuh.“Komitmen kita akan selalu mengangkut pelajar, pada hari mereka senin dan kamis,” tegasnya.

(www.bandung.go.id)