PENINJAUAN UJIAN NASIONAL TINGKAT SMA DAN SEDERAJAT

Secara umum pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA dan sederajat menurut Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil berjalan cukup lancar. Hal tersebut dikemukakan

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:42
PENINJAUAN UJIAN NASIONAL TINGKAT SMA DAN SEDERAJAT
PENINJAUAN UJIAN NASIONAL TINGKAT SMA DAN SEDERAJAT

Secara umum pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA dan sederajat menurut Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil berjalan cukup lancar. Hal tersebut dikemukakan oleh Wali Kota Bandung seusai meninjau pelaksanaan UN di SMAN 1 Bandung, Senin (14/4). Sebelumnya Wali Kota Bandung juga meninjau pelaksanaan UN di SMAN 2 Bandung, bersama Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Lebih lanjut dikatakan wali kota, distribusi soal untuk wilayah Kota Bandung sudah tersebar dan sampai di titik tujuan. "Bandung wilayahnya relatif tidak terlalu repot jadi untuk pendistribusian soal relatif aman," jelasnya.

Begitu juga untuk pengamanan soal, Wali Kota Bandung, menegaskan bahwa soal yang dierima oleh masing masing peserta ujian dalam satu kelas akan berbeda soalnya, dan mereka tidak akan tahu kode soalnya karena menggunakan sistem barcode.

"Tiap kelas di isi 20 peserta ujian, tiap peserta akan menerima soal yang berbeda, dan kodenya pun peserta tidak akan tahu, karena menggunakan barcode," jelasnya.

Wali kota juga menghimbau, kepada setiap peserta ujian agar jangan percaya kepada orang-orang yang menawarkan soal dan kunci jawabannya, karena pengawasannnya sangat ketat, kemudian soalnya pun akan berbeda setiap orang.

"Saya harap jangan percaya kepada soal-soal dan jawaban yang beredar di sosial media, karena pengawasannya juga cukup ketat, begitu juga type soalnya tiap orang akan berbeda dan masing-masing tidak akan tahu tipenya, "ungkapnya.

M. Ridwan Kamil juga mengingatkan kepada setiap peserta ujian agar tidak lupa memberikan identitas diri pada setiap lembar jawaban, kemudian berdoa, dan menjawab soal yang mudah terlebih dahulu baru yang susah.

"Di twitter, banyak yang minta doa kepada saya agar lulus ujian, tentu saja saya doakan, dan mengingakan agar mereka menjawab soal yang mudah terlebih dahulu, dan tentu saja berdoa terlebih dahulu, karena biasanya dalam menjawab soal ujian dibutuhkan ketenangan," pungkasnya. (www.bandung.go.id)