LAUNCHING PARK RANGER

Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil meluncurkan tim Park Ranger Kota Bandung yang berjumlah 51 orang, Peluncuran tersebut dilakukan di Taman Musik Centrum, Jal

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:43
LAUNCHING PARK RANGER
LAUNCHING PARK RANGER

Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil meluncurkan tim Park Ranger Kota Bandung yang berjumlah 51 orang, Peluncuran tersebut dilakukan di Taman Musik Centrum, Jalan Belitung, Minggu (18/5). Hadir juga dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pemakanan dan Pertamanan Kota Bandung Arief Prasetya.

Menurut Wali Kota Bandung, anggota park ranger tersebut akan di sebar di beberapa taman-taman yang ada di Kota Bandung. “Ada sekitar 15 taman yang nantinya diurus oleh park ranger ini, tiap taman terdiri dari 2 orang park ranger, kecuali untuk taman lansia anggota park rangernya berjumlah 8 orang karena areanya cukup luas, jelasnya.

Lebih lanjut menurut Ridwan Kamil, parka ranger akan bekerja selama seminggu, libur hari jumat, dan bekerja mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00. “Mereka akan menggunakan seragam, rompi dan topi seperti koboi, sehingga akan terlihat perbedaanya,”ujarnya.

15 taman yang akan diurus oleh park ranger, merupakan  taman favorit warga dan yang sering dikunjungi oleh turis, sperti taman musik, atau taman lansia. “Anggota park ranger ini bukan hanya membersihkan taman saja, tetapi mereka juga bertugas untuk merawat dan mengurusnya,: ungkapnya.

Sebagai tahap awal anggota park ranger baru berjumlah 51 orang, tetapi apabila nanti program ini berhasil maka ke depannya, menuru Ridwan kamil tentu saja anggotanya bisa ditambah 2 atau 3 kali lipatnya.

“Ini sebagai tahap percobaan, apabila berhasil tentu kita akan tambah personelnya, sesuai dengan jumlah taman yang ada di Kota Bandung,” ucapnya.

Wali Kota Bandung juga berharap partisipasi masyarakat agar ikut serta membantu menjaga kebersihan taman tersebut. “Saya juga meminta kepada masyarakat agar ikut membantu mengurangi tugas park ranger ini, misalnya dengan tidak membuang sampah sembarangan,” harapnya.

Sementara itu menurut Arief, anggota park ranger yang ada saat ini merupakan tenaga PHL (Pegawai Harian Lepas) yang dibayar dari APBD. Diakuinya bahwa upah yang diterima mereka masih sedikit di bawah UMK, tetapi tahun depan akan disesuaikan dengan UMK.

Untuk memantau tugas park ranger tersebut, akan didampingi seorang PNS dan administrasi yang mencatat kehadiran mereka. “Setiap pagi sebelum menuju tempat tugasnya, semua parka ranger akan berkumpul di dinas taman, untuk dibriefing dan didampingi oleh PNS beserta seorang tenaga admnistrasinya,” pungkasnya. (www.bandung.go.id)