DINAS KUKM INDAG KOTA BANDUNG MENGELAR BAZZAR RAMADHAN 1435 H

Melonjaknya harga-harga bahan pokok kebutuhan masyarakat di hari-hari selama bulan Ramadhan serta menjelang hari raya Iedul Fitri akan semakin mempersulit ma

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:43
DINAS KUKM INDAG KOTA BANDUNG MENGELAR BAZZAR RAMADHAN 1435 H
DINAS KUKM INDAG KOTA BANDUNG MENGELAR BAZZAR RAMADHAN 1435 H

Melonjaknya harga-harga bahan pokok kebutuhan masyarakat di hari-hari selama bulan Ramadhan serta menjelang hari raya Iedul Fitri akan semakin mempersulit masyarakat kurang mampu untuk memenuhi ketersediaan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

Untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan baik sandang dan pangannya, Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas KUKM Indag menggelar Bazar Ramadhan 1435 H di lapangan RW 05 Jl. Raya Cimincrang Kel. Cimincrang kec. Gedebage, Rabu (23/07/2014)

Dikatakan Walikota Bandung, M Ridwan Kamil saat membuka event tersebut, "Kebutuhan bahan pokok di bulan ramadhan cenderung meningkat karena kebiasaan masyarakat menambah rupa-rupa makanan saat berbuka dan sahur ditambah memenuhi kebutuhan untuk menghadapi idul fitri, fenomena ini merupakan kebiasaan turun menurun ini merupakan beban bagi keluarga - keluarga yang penghasilannya pas pasan,".

Lebih lanjut dikatakannya, "kegiatan seperti ini sebaiknya tidak hanya dilkukan di bulan ramadhan saja, kita akan lakukan mungkin setiap sebulan sekali atau dua kali di tiap kecamatan agar masyarakat mendapatkan harga yang lebih murah dari pasaran,".

Bazzar Ramadhan yang dilakukan rutin setiap tahunnya tidak hanya merupakan wadah interaksi antara produsen dan konsumen namun merupakan suatu kesempatan yang ditunggu masyarakat karena selain terjangkau juga menyediakan kebutuhan bahan pokok dengan kualitas yang baik, sehingga menjadi momentum solusi alternatif di tengah kesulitan yang dihadapi masyarakat saat naiknya harga bahan baku selama bulan ramadhan dan menjelang lebaran.

Selain menjadi salah satu bentuk kepedulian sosial untuk membantu meringankan beban masyarakat, Bazzar Ramadhan ini untuk mengembangkan usaha kecil dan menengah (UKM) Binaan Kota Bandung umumnya seperti fashion, makanan olahan, dan produk produk hasil pertanian dan ternak yang memiliki nilai sangat strategis untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan. 

 Dikatakan Kepala Dinas KUKM dan Perindag Kota Bandung, Ema Sumarna, "Kami juga dibantu oleh PKK Kota Bandung, para pengusaha retail, juga berusaha memberikan pelayanan berupa ketersediaan berbagai kebutuhan pokok masyarakat khususnya bagi yang secara ekonomi memiliki keterbatasan dalam kemampuan daya beli," katanya.

"Semua berkomitmen berikan harga dibawah dari harga biasa terlebih kita juga dibantu Hiswana Migas yang menjual 1120 gas LPG 3 kg dibawah harga pasaran Rp. 10 ribu, di pasaran paling murah Rp. 18 ribu sedang harga agen Rp. 12.750 dan di pangkalan harga eceran tertinggi Rp. 14.600, kita sedang berkoordinasi dengan seluruh stake holder, para pengusaha retail dan para pelaku UMKM serta Hiswana Migas agar memungkinkan kegiatan seperti ini dilakukan setiap bulan," terang Ema.

Bazzar Ramadhan tersebut seluruhnya terbagi dalam 54 stand, disediakan berbagai kebutuhan pokok seperti beras, terigu, gula, minyak goreng, margarine, telur dan lainnya, juga menjual komoditi hasil pertanian juga fashion, dari berbagai UKM dan pengusaha di Kota Bandung. (www.bandung.go.id)