300 LOWONGAN CPNS PEMKOT BANDUNG

Formasi CPNS (calon pegawai negeri sipil) tahun 2014 untuk Pemerintah Kota Bandung diberikan jatah sebanyak 300 formasi yang terbagi ke dalam tenaga kesehat

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:43
300 LOWONGAN CPNS PEMKOT BANDUNG
300 LOWONGAN CPNS PEMKOT BANDUNG

Formasi CPNS (calon pegawai negeri sipil) tahun 2014 untuk Pemerintah Kota Bandung diberikan jatah sebanyak 300 formasi yang terbagi ke dalam tenaga kesehatan dan tenaga teknis. Hal tersebut dikemukan oleh Sekretaris Badan Kepegawain Daerah (BKD) Kota Bandung Atet DH, pada saat program Bandung Menjawab di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung, Jalan Wastukancana No 2, Selasa (16/9).

Lebih lanjut dikatakan Atet, sejumlah formasi tersebut untuk tingkat pendidikan mulai D3 sampai dengan S3, khusus untuk S2, dan S3 itu untuk formasi peneliti. “Tahun ini formasi untuk tenaga pendidik tidak ada formasinya,” ujar Atet.

Atet juga menuturkan formasi terbanyak dari formasi tersebut adalah untuk tenaga Satpol PP yaitu sebanyak 98 formasi yang terdiri dari 49 D3 Hukum dan 49 formasi untuk S1, hukum, komunikasi dan sosiologi.

 “Untuk Satpol PP ini juga ada persyaratan khusus mengenai tinggi badan yaitu untuk laki-laki 160 cm sedangkan perempuan 155 cm,” ujarnya.

Sedangkan formasi terbanyak selanjutnya menurut Atet adalah untuk aparat kewilayahan, diantaranya adalah untuk formasi D3 Akuntasi dan ilmu Pemerintahan. “khsusus untuk D3 Akuntansi adalah untuk mendukung Bandung WTP sehingga mereka dapat melakukan penataan laporan keuangan,” Jelasnya.

Pendaftaran CPNS tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Atet menjelaskan bahwa tahun ini pendaftaran melaui situs panselnas.menpan.go.id. Calon peserta harus terlebih dahulu mendaftar (log in) username dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan, tanggal lahir, instansi yang dipilih, dan email. Setelah mendapatkan konfirmasi melalui email, peserta dapat mengisi formulir pendaftaran di sscn.bkn.go.id.

 “Sehingga nantinya seorang pendaftar tidak bisa mendaftar di lebih dari satu instansi, karena dilihat dari NIK e-KTP, jadi satu NIK hanya bisa digunakan untuk satu instansi saja,” jelasnya.

Daerah juga menurut Atet diberikan keleluasaan untuk menambahkan kompetensi bagi persyaratannya seperti IPK dan TOEFL, khusus untuk Kota Bandung TOEFL dipersyaratkan 450. “Tetapi tahun ini persyaratan SKCK dan kartu kuning tidak diberlakukan lagi,” ucapnya.

Lamaran secara online menurut Atet, dimulai dari tanggal 8-22 September dan pemberkasan diterima paling lambat tanggal 25 September cap pos dan dikirim ke PO BOX 204. “Sampai tanggal 16 September untuk Kota Bandung sudah ada sekitar 1.862 pendaftar, dan yang terbannyak adalah anilisis pelayanan publik, pranata komputer dan bidan,” jelasnya.

Sampai saat ini keluhan yang disampaikan pendaftar adalah masalah susahnya masuk ke website, mungkin dikarenakan saking banyaknya peminat yang ingin mendaftar. “Bahkan ada pendaftar yang baru bisa memiliki id dan password jam 2 malam atau bahkan esok harinya,” jelasnya.

Pemkot Bandung juga, menurut Atet membuka hotline dengan nomor  081214145277 (sms/telepon) dan bisa datang langsung ke BKD untuk pengaduan. “Saya juga menghimbau kepada para pendaftar agar jangan percaya kepada orang-orang yang menawarkan jasa bisa membantu masuk menjadi PNS,” pungkasnya. (www.bandung.go.id)