Kebakaran Kantor Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT)

Setelah pagi-pagi masyarakat Kota Bandung dikejutkan dengan kebakaran yang melanda kantor redaksi salah satu koran di daerah Soekarno Hatta, sore harinya sekita

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:43
Kebakaran Kantor Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT)
Kebakaran Kantor Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT)

Setelah pagi-pagi masyarakat Kota Bandung dikejutkan dengan kebakaran yang melanda kantor redaksi salah satu koran di daerah Soekarno Hatta, sore harinya sekitar pukul 18.40 wib. warga Kota Bandung kembali dikejutkan dengan adanya kebakaran yang menimpa kantor Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT)Kota Bandung, di Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Bandung, Jalan Cianjur 34, Sabtu (5/10).

Meskipun kebakaran di kantor BPPT tidak terlalu besar, tetapi cukup membuat orang terkejut. Api berhasil dipadamkan sekitar 45 menit oleh petugas Dinas Penanggulangan dan Pencegahan Kebakaran Kota Bandung, yang markas komandonya bersebelahan dengan lokasi kebakaran. Sekitar pukul 21.00 wib, Wali Kota Bandung meninjau lokasi kebakaran dan memimpin rapat bersama Kepala BPPT Ema Sumarna, Kepala Dinas Penanggulangan dan Pencegahan Kebakaran Ferdi Ligaswara, perwakilan polrestabes dan sejumlah SKPD terkait, membahas mengenai kejadian tersebut.

Dalam rapat tersebut menurut sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Yayan Ahmad, terungkap bahwa penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak yang berwenang, sehingga belum dapat dipastikan penyebabnya. "Kita belum dapat memastikan penyebab kebakaran ini, masih menunggu penyelidikan pihak berwajib," ujar Yayan setelah rapat selesai di gelar.

Yayan juga menuturkan, kerugian yang diderita masih dalam perhitungan, tetapi diperkirakan ratusan juta rupiah. "Beberapa ruangan yang terbakar diantaranya ruang pemrosesan berkas perizinan usaha, ruang berkas izin mendirikan bangunan dan loket informasi dan pengaduan, ikut terbakar pula beberapa unit personal komputer yang dipergunakan dalam pelayanan," jelasnya.

Dengan adanya kejadian tersebut, Yayan memperkirakan bahwa pelayanan perizinan mengalami sedikit gangguan. Tetapi pelayanan perizinan akan terus berjalan, dan dipindahkan untuk sementara ke aula yang berada di komplek perkantoran jalan Cianjur.

Sementara itu, Wali Kota Bandung mengungkapkan permohonan maaf kepada warga Kota Bandung bahwa pelayanan akan sedikit terganggu. "Saya mohon maaf, pelayanan perizinan akan terganggu sementara, tapi secepatnya akan normal kembali," ucapnya.

Wali kota juga menjelaskan bahwa hari senin pelayanan perizinan masih belum dapat dilakukan karena masih dalam pemeriksaan puslabfor Polri. Selain itu, wali kota juga berpesan kepada warga Kota Bandung agar lebih berhati-hati dan dapat mengantisipasi bahaya kebakaran terutama yang disebabkan oleh korsleting arus pendek. "Saya minta warga lebih berhati-hati dan antisipasi bahaya kebakaran, terutama yang disebabkan oleh korsleting arus pendek, " pungkasnya.

(www.bandung.go.id)