PEMKOT BANDUNG TERIMA HIBAH TRUK COMPACTOR SAMPAH

Pemerintah Kota Bandung menerima hibah 1 (satu) buah truk compactor sampah, bantuan CSR (Corporate Social Responsibility) dari PT Mega Candra Pura Buana, Ar

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:43
PEMKOT BANDUNG TERIMA HIBAH TRUK COMPACTOR SAMPAH
PEMKOT BANDUNG TERIMA HIBAH TRUK COMPACTOR SAMPAH

Pemerintah Kota Bandung menerima hibah 1 (satu) buah truk compactor sampah, bantuan CSR (Corporate Social Responsibility) dari PT Mega Candra Pura Buana, Artha Graha. Bantuan diterima oleh Direktur Utama PD Kebersihan Cece H. Iskandar dan disaksikan oleh Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil dan Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial pada acara apel pagi, di Plaza Balai Kota Bandung, Selasa (14/10).

Seusai penyerahan dan melihat demo truk tersebut, Wali Kota Bandung, mengatan bahwa bantuan truk ini diharapkan mampu mendukung tercapainya target Kota Bandung untuk dapat meraih adipura pada tahun 2015.

“Target kita kan 2015 mendapat adipura, dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat membantu tercapainya target tersebut,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk mencapai target adipura tersebut ada upaya sosiologis dan teknologis. “Sosiologis bisa melalui program-program kebiasaan membuang sampah pada tempatnya, seperti gerakan pungut sampah (GPS) setiap senin rabu dan jumat, hal ini untuk mengubah kebiasaan warga agar mau membuang sampah pada tempatnya,” jelasnya.

Sedangkan untuk teknologis, menurut wali kota, di antaranya meningkatkan kapasitas pengolahan sampah, memperbanyak fasilitas dan peralatan pengolah sampah, khususnya pengangkutan. “Compactor ini merupakan salah satu sisi teknologisnya,” ucapnya.

M. Ridwan Kamil juga berharap penanganan sampah di Kota Bandung menjadi semakin membaik agar Bandung juara dalam kebersihan dan bebas banjir.

“Saya merasa senang dengan adanya partisipasi masyarakat, dan menghimbau pengusaha untuk dapat membantu Pemkot Bandung dalam mewujudkan Kota Bandung yang bersih dan bebas sampah,” pungkasnya.

Senada dengan Wali Kota Bandung, Dirut PD Kebersihan juga turut mengapresiasi bantuan compactor tersebut, sehingga dapat menambah armada truk sampah yang ada saat ini. “Dengan adanya bantuan ini maka bertambah jumlah armada truk kita,” ujarnya.

Compactor hibah tersebut apabila dirupiahkan nilainya menurut Cece mencapai sekitar 450 juta. dan truk tersebut, mampu memadatkan sampah sehingga daya angkutnya bisa lebih banyak daripada truk pengangkut sampah yang biasa.

Menurut Cece saat ini jumlah armada truk baru ada 111 buah, dan yang beroperasi hanya sekitar 96 unit, sedangkan kebutuhan untuk mengangkut sampah di Kota Bandung yang mencapai rata-rata 1.500 ton per hari, dibutuhkan sekitar 140 unit.

“Kita sedikitnya membutuhkan sekitar 140 unit truk pengangkut sampah, untuk dapat mengangkut sampah di Kota Bandung,” pungkasnya. (www.bandung.go.id)