Bandung Caang Fest Resmi Dibuka

Bandung Caang Fest 2014 resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Bandung,Yossi Irianto, Jumat (17/10) sekitar pukul 13.45 wib. Kegiatan Caang Fest ini akan ber

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:43
Bandung Caang Fest Resmi Dibuka
Bandung Caang Fest Resmi Dibuka

Bandung Caang Fest 2014 resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Bandung,Yossi Irianto, Jumat (17/10) sekitar pukul 13.45 wib. Kegiatan Caang Fest ini akan berlangsung selama 2 (dua) hari, mulai 17-18 Oktober, dan kegiatan ini merupakan puncak peringatan harijadi Kota Bandung ke-204.

Caang Fest untuk hari pertama diisi dengan kegiatan pembukaan bazaar kuliner dan pentas musik, sedangkan puncaknya pada hari sabtu, malam minggu, yaitu karnaval kendaraan hias, yang dimulai dari depan gedung sate dan berakhir di Plaza Balai Kota Bandung.

Kegiatan Bazaar kuliner sendiri, diikuti oleh 50 stand makanan dengan berbagai pilihan makanan nusantara. Selain bazar kuliner, caang fest juga diisi stand fashion.

Setelah membuka Caang Fest dengan memukul ketel, Yossi mengatakan bazar ini bertujuan untuk memperkenalkan industri kreatif Kota Bandung yang unggul, khususnya dalam bidang kuliner. Sekda merasa senang dengan antusiasme warga yang ingin berpartisipasi mengisi tenant bazar. Meski ia sedikit menyayangkan, Pemkot hanya mampu menyediakan 50 stan akibat terbatasnya ruang.

“Kita tidak ingin taman habis, tapi di sisi lain kita ingin berbagi rasa.” katanya saat diwawancara usai mencicipi sejumlah menu makanan yang tersedia di bazar. Meski demikian ia optimis banyak pengunjung yang akan datang menikmati festival ini, tidak hanya warga bandung tetapi juga wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Kita lihat turis-turis asing di Hotel sekitar sini (Balai Kota Bandung) sudah mulai berdatangan. Mereka pasti tertarik untuk datang,” ujarnya.

Berkaitan dengan carnaval kendaraan hias yang akan digelar esok, panitia Bandung Caang Festival telah berkordinasi dengan Poltrestabes Bandung untuk membantu mengamankan sejumlah jalan yang menjadi rute carnaval. Sekitar 800 personil akan diturunkan untuk memastikan pelaksanaan carnaval dapat berjalan lancar.

“Carnaval akan berfokus di Jalan Merdeka,” ujar Yanyan Wahdarimar selaku Ketua Panitia Pelaksana Bandung Caang Fest. Sedangkan rute carnaval akan bergerak dari Jl. Diponegoro, Jl. Sulanjana, Jl. Dago, Jl. Merdeka dan berakhir di Balai Kota Bandung.

Meski demikian jalan tidak akan sepenuhnya ditutup, melainkan diberlakukan sistem buka tutup. “Kalau carnavalnya sedang berjalan, kita tutup. Setelah itu akan kita buka kembali,” tuturnya.

Kepala Polrestabes Bandung, Mashudi tidak bisa memperkirakan berapa jumlah volume kendaraan yang akan memenuhi ruas jalan khususnya sepanjang Jalan Merdeka besok malam. “Yang jelas Bandung setiap malam minggu memang padat turis, terutama dari jakarta.” katanya.

Mashudi juga memohon maaf kepada masyarakat Bandung terkait dengan kemacetan yang akan terjadi sepanjang Bandung Caang Festival berlangsung.

Ia juga mengimbau masyarakat yang datang untuk tetap berhati-hati. “Nanti akan ramai, jangan sampai kecopetan,” pesannya.

(www.bandung.go.id)