Arah Kiblat

Tahun depan, mesjid-mesjid di Kota Bandung yang arah kiblatnya tidak sesuai atau melenceng, akan mengarah tepat ke arah kiblat. Hal tersebut dikemukakan oleh Wa

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:43
Arah Kiblat
Arah Kiblat

Tahun depan, mesjid-mesjid di Kota Bandung yang arah kiblatnya tidak sesuai atau melenceng, akan mengarah tepat ke arah kiblat. Hal tersebut dikemukakan oleh Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil usai acara sosialisasi pengukuran arah kiblat dan sosialisasi rukyatul ehilal, di Mesjid Al Ukhuwah, Senin (8/12). Hadir juga dalam kesempatan tersebut Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial.

Salah satu usaha agar arah kiblat itu sesuai maka, menurut Wali Kota Bandung hari itu di adakan sosialisasinya dan dibagi kompas yang dapat menunjukkan arah kiblat kepada Dewan Keluarga Mesjid (DKM) yang ada di Kota Bandung.

Diakui wali kota bahwa jumlah mesjid di Kota Bandung termasuk yang terbanyak di Indonesia sekitar 4.000 an lebih. Tetapi masih ada mesjid-mesjid yang arah kiblatnya tidak sesuai.

"Kita masih sering menemukan mesjid yang arah kiblatnya tidak sesuai, mungkin akibat pergeseran-pergeseran," ujarnya. Kota bandung maesjid banyak 4000an.

Wali Kota juga berharap dengan adanya sosialisasi dan pembagian kompas, maka mesjid-mesjid yang ada di Kota Bandung arah kiblatnya dapat sesuai. "Setelah sosialisasi ini saya harap jangan ada yang melenceng lagi arah kiblatnya," ujarnya.

Setelah nanti dikalibrasi lagi arah kiblatnya, maka mesjid tersebut arah kiblatnya saja yang dirubah, karena kalau merubah bangunannya kemungkinan susah dilakukan.

Selain arah kiblat mesjid, menurut wali kota yang perlu diperhatikan adalah kuburan-kuburan yang ada di Kota Bandung, agar jenasah yang dimakamkan arah jenasahnya ke arah kiblat juga.

"Nanti di makam-makam juga kita akan pasang, petunjuk arah kiblat, agar jenasah yang dimakamkan tidak salah menghadapnya," pungkasnya.

Dalam kesempatan itu juga secara simbolis diserahkan kompas penunjuk arah ke kiblat yang dapat di gunakan oleh mesjid-mesjid yang ada di Kota Bandung.

(www.bandung.go.id)