PENGHARGAAN RASKIN

Pemerintah Kota Bandung kembalj mendapatkan penghargaan Raskin (Beras untuk rakyat miskin) dari pemerintah dan Perum Badan Urusan Logistik (Bulog). Penghargaan

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:43
PENGHARGAAN RASKIN
PENGHARGAAN RASKIN

Pemerintah Kota Bandung kembalj mendapatkan penghargaan Raskin (Beras untuk rakyat miskin) dari pemerintah dan Perum Badan Urusan Logistik (Bulog).

Penghargaan ini diberikan atas apreasi dan upaya yang telah dilakukan Pemkot Bandung untuk menyalurkan dan memenuhi target penyaluran Raskin pada tahun 2014 lalu.

Penghargaan Raskin tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani kepada Wakil Wali Kota Bandung, Oded M. Danial dalam acara Peluncuran dan Penyerahan Raskin 2015 Tingkat Nasional dan Jawa Barat di Halaman Kantor Desa Pasirhalang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu (28/1).

Selain Kota Bandung, sebelas daerah lainnya di Jawa Barat mendapatkan penghargaan serupa. Kesebelas daerah tersebut meliputi Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Pangandaran, Kota Tasikmalaya, Kota Cimahi, Kota Bogor, Kota Sukabumi, Kota Cirebon, Kota Banjar, dan terakhir Kabupaten Bandung Barat.

Wakil Wali Kota Bandung, Oded M. Danial usai menerima penghargaan, menyatakan, pihaknya memberikan apresiasi tinggi kepada pemerintah dan juga Perum Bulog.

Penghargaan tersebut, akan dijadikan sebagai motivasi untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terutama dalam penyaluran Raskin pada tahun 2015 ini.

"Kami berterima kasih kepada pemerintah dan juga Perum Bulog. Upaya dan kerja keras kita dalam menyalurkan dan mensukseskan program Raskin ini mendapatkan perhatian. Kami akan semakin meningkatkan pelayanan dan penyaluran beras Raskin ini kepada rumah tangga sasaran (RTS, red)," paparnya.

Menurutnya, pada tahun ini Pemkot Bandung tetap akan menggratiskan Raskin untuk masyarakat yang kurang mampu di Kota Bandung. Dana yang sudah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bandung Tahun 2015 mencapai angka sebesar Rp 24 Miliar.

"Untuk program Raskin 2015 di Kota Bandung, tetap akan diberikan secara gratis dengan Dana yang dianggarkan untuk Raskin 2015 ini mencapai angka Rp 24 Miliar," ungkapnya.

Oded juga menambahkan untuk tahun 2015 ini, jumlah rumah tangga sasaran (RTS) yang menjadi target penyaluran Raskin di Kota Bandung mencapai 62.255 RTS. Setiap RTS akan mendapatkan beras Raskin sebanyak 15 kg per bulannya.

"Program Raskin gratis ini sudah berjalan selama tiga tahun. Dalam penyaluran Raskin, tidak ada pungutan biaya apapun termasuk dalam penyaluran Raskin ke titik RTS. Karena semua operasional penyaluran Raskin sudah ditanggung Pemkot Bandung," pungkasnya.

(www.bandung.go.id)