Rapat Koordinasi Persiapan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-69

Menjelang persiapan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-69 pada tanggal 24 April 2015 mendatang di Kota Bandung, Walikota Bandung, Ridwan Kamil bersama Kapolda Jaba

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:44
Rapat Koordinasi Persiapan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-69
Rapat Koordinasi Persiapan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-69

Menjelang persiapan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-69 pada tanggal 24 April 2015 mendatang di Kota Bandung, Walikota Bandung, Ridwan Kamil bersama Kapolda Jabar M. Iriawan dan Pangdam III Siliwangi Mayjend TNI Dedi Kusnadi menggelar rapat kordinasi terpadu untuk mengamankan acara puncak peringatan KAA di ruang tengah Balaikota Bandung, Jalan Wastukancana No. 2, Rabu (25/3).

Rapat tersebut mendiskusikan masalah-masalah terkait pengamanan guna kelancaran dalam perayaan persiapan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-69.

Walikota memberikan arahan terkait isu-isu keamanan yang sopan, rapih dan tetap terjaga dan akan mensimulasikannya agar kelangsungan peringatan KAA berjalan lancar.

“Contohnya bagaimana warga tetap bisa Shalat Jumat di Mesjid Agung tapi tidak mengganggu delegasi dari Asia Afrika, dari sisi keamanan juga, bagaimana anak-anak SD ingin mengibarkan bendera Negara-negara sahabat di sepanjang jalur yang dilalui tapi dengan tingkat keamanan yang telah dipersiapkan,”ucap Ridwan Kamil.

Menurut Wali Kota TNI dan Polri telah menyiapkan sekitar 6700-an personil guna mengamankan kelangsungan acara peringatan KAA di sejumlah tempat-tempat yang telah disepakati.

Lebih lanjut lagi, walikota juga mengistruksikan kepada camat-camat untuk mengerahkan sebagaian Linmas dan warga untuk mensinkronkan tingkat keamanan yang berlapis.

“Sehingga di Bandung mulai mendarat dari Bandara Husein lalu Pasteur, Stasiun Kebun Kawung sampai ke Gedung Merdeka semuanya bisa lancar,” ungkapnya.

Dalam peringatan KAA tahun ini, ada rencana peresmian monumen 60 tahun Peringatan Konferensi Asia Afrika. Monumen itu berbentuk bola dunia raksaksa yang berada di antara sekitaran Jalan Alun-alun dan Palaguna.

Pangdam III/Siliwangi Mayjend TNI Dedi Kusnadi, menyatakan terkait pengaman dalam Konferensi Asia Afrika di Bandara Hussein Sastranegara, walaupun penerbangan akan ditutup,aktivitas dari masyarakat pasti ada, tapi ia menyarankan untuk Komando Kewilayahan yang ada di Kodim membantu lalu lintas yang ada.

Dedi Kusnadi juga menyarankan agar rute dari Hussein Sastranegara hingga sampai ke Hotel Savoy Homan untuk perlu penjagaan dari Dinas Sosial. “Rute dari Hussein sampai ke Homan cukup riskan terkait dengan adanya tuna wisma. Mungkin dari Dinas Sosial bisa membenahinya dari sekarang.

Lebih lanjut lagi ia mengatakan kepada pihak dari Hotel Savoy Homan untuk mempersiapkan acara guna kedatangan satu persatu delegasi agar nyaman dalam menunggu kedatangan delegasi selanjutnya. “

Di savoy homan ada empat jadwal kedatangan sesuai dengan penerbangan itu perlu persiapan yang pasti agar delegasi yang pertama nyaman. Karena menunggu kedatangan selanjutnya cukup lama,” ucap Dedi.

Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol M Iriawan, mengatakan untuk berkomitmen bersama dari semua sektor pengamanan yang ada untuk mensukseskan acara KAA ke-60 ini.

“Untuk semua sektor pengamanan sudah jelas. Para PKL sudah clear dari sekarang agar bersih, dan Airport pun saya yakin sudah bagus untuk pengamanannya,” pungkas M Iriawan.

(www.bandung.go.id)