Gladi Bersih Jokowi Di Bandung Dalam Rangka Ppersiapan KAA

Seminggu menjelang penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60, Presiden Republik Indonesia Jokowi melakukan gladi bersih di Bandung guna melihat persiap

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:44
Gladi Bersih Jokowi Di Bandung Dalam Rangka Ppersiapan KAA
Gladi Bersih Jokowi Di Bandung Dalam Rangka Ppersiapan KAA

Seminggu menjelang penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60, Presiden Republik Indonesia Jokowi melakukan gladi bersih di Bandung guna melihat persiapan terakhir di beberapa rute dan tempat yang nantinya menjadi jalur para delegasi KAA, Kamis, (16/4).

Dalam gladi bersih tersebut, Jokowi di dampingi oleh Kepala Staf Kepresidenan Luhut Panjaitan, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, serta turut hadir juga Walikota Bandung Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Barat Ahmad heryawan menemani Presiden ke-tujuh Indonesia tersebut di beberapa titik di Kota Bandung.

Setelah melakukan gladi bersih di rute kedatangan di Bandara Hussein Sastranegara, Jokowi beserta rombongan langsung bergerak untuk meninjau Hotel Savoy Homann sebagai tempat penyambutan para delegasi KAA saat datang dari bandara Hussein Sastranegara.

Selanjutnya Jokowi dan rombongan melakukan historical walk dari Savoy untuk menuju tempat penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika di Gedung Merdeka. Di sela-sela perjalanan menuju gedung merdeka, Ridwan Kamil mengajak Jokowi untuk melihat batu berbentuk bulat yang bertuliskan nama-nama negara di KAA.

Batu bundar tersebut diletakan di ruas-ruas jalan Asia Afrika dan Cikapundung Timur.

Sesaat setelah melakukan gladi bersih di Gedung Merdeka, Jokowi dalam jumpa persnya mengatakan dia sudah mengecek mulai dari bandara Hussein, kemudian ke Hotel Savoy Homann dan Gedung Merdeka.

"Saya kira secara umum sudah 95% - 96%, tinggal kurang sedikit-sedikit, kurang ada bunga-bunga sedikit. Toilet juga sudah dicek, mejanya juga harus ganti misalnya," ucap Jokowi saat jumpa pers di luar Gedung Merdeka.

Ia juga menambahkan jika persoalan-persoalan di kawasan Asia dan Afrika memerlukan sebuah perhatian khusus. "Agar nantinya ada sebuah keseimbangan global dan keadilan global. Hal tersebut juga akan disuarakan pada saat pertemuan KAA," ujarnya.

Jokowi menyatakan bahwa sampai sejauh ini konfirmasi yang hadir ada 79 negara dan 28 kepala negara atau kepala pemerintahan.

Tak lupa Jokowi pun serta rombongan bergerak untuk meninjau monumen Asia Afrika berbentuk bola dunia yang nanti pada saat penyelenggaraan KAA akan di resmikan oleh Jokowi serta kepala negara undangan.

Jokowi dan rombongan bergerak ke Mesjid Agung Bandung untuk meninjau kesiapan terakhir ditempat yang akan di gunakan untuk shalat jumat bersama kepala negara undangan. Gladi bersih terakhir dilakukan di Gedung Pakuan tempat makan siang saat acara KAA dan Jokowi serta rombongan kembali ke Jakarta lewat Bandara Hussein Sastranegara.

(www.bandung.go.id)