EKSPERIMEN INFRASTRUKTUR KOTA DENGAN REVITALISASI SUNGAI CIKAPAYANG MERDEKA

Sebagai salah satu upaya dalam mempercantik infrastruktur Kota, Walikota Bandung Ridwan Kamil meresmikan sebuah eksperimen instalasi penjernih sungai yang berad

Miftah Sabtu, 13 Agustus 2016 09:44
EKSPERIMEN INFRASTRUKTUR KOTA DENGAN REVITALISASI SUNGAI CIKAPAYANG MERDEKA
EKSPERIMEN INFRASTRUKTUR KOTA DENGAN REVITALISASI SUNGAI CIKAPAYANG MERDEKA

Sebagai salah satu upaya dalam mempercantik infrastruktur Kota, Walikota Bandung Ridwan Kamil meresmikan sebuah eksperimen instalasi penjernih sungai yang berada di sepenggal sungai Cikapayang di Jalan Merdeka.

Menurutnya, dengan eksperimen tersebut, ia ingin membuktikan bahwa Bandung yang dulu sungai-sungai nya kotor kini bisa bersih dan jernih lagi.

"Kita sengaja tes dulu di sepenggal kecil di sungai cikapayang jalan merdeka ini. Kita ingin membuktikan Bandung sungai nya jernih dan bersih lagi," ujarnya di Jalan Merdeka, Jumat (29/5).

Kata Ridwan, secara teori tehnik untuk menjernihkan sungai itu sudah ada ilmunya. Ia menjelaskan bahwa nama tehnik tersebut adalah metodologi single chemical untuk penjernih air.

Pria yang disapa Emil ini pun mengatakan di Bandung ada sekitar 40an sungai dan anak sungai mulai dari yang terbesar Cikapundung, Cidurian, Citepus dan yang lainya. Karena menurut Emil, setelah revitalisasi sungai di Jalan Merdeka ini, ia bersama Dinas Bina Marga dan Pengairan Kota Bandung akan melanjutkan di Cikapundung dan Babakan Surabaya.

"Nanti ada contoh di skala yang lebih besar dan skala yang mendekati pemukiman warga khususnya warga di kampung yang akan kita tata, insya allah projeknya tahun ini,"ungkapnya.

Ia menjelaskan juga kalau revitalisasi sungai di Babakan Surabaya akan ada bantuan dari APBN di Pemerintah Pusat untuk mengentaskan kekumuhan kota. Sementara sungai cikapundung akan ada bantuan dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) dan Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandung.

Sebagai salah satu jalur pedestrian yang cukup menarik bagi warga Bandung maupun wisatawan, tentunya insentifitas perawatan akan semakin ditingkatkan. Maka dari itu Ridwan Kamil menitipkan agar ada kerjasama antara DBMP dengan kewilayahan Camat setempat.

"Kan kami sudah menganggarkan pasukan kebersihan yang jumlahnya sepuluh orang perkelurahan yang mungkin bisa di perbantukan, "imbuhnya.

Selain revitalisasi sungai, tahun ini juga Ridwan Kamil akan membangun danau-danau kecil yang akan dibangun dibeberapa taman di Kota BandungĀ  untuk mengurangi volume banjir.

"Akan ada pembangunan danau-danau kecil yang seperti di taman lansia, sebagai sarana untuk rekreasi dan mengurangi volume banjir, "tandasnya.