RIDWAN KAMIL DUKUNG PELESTARIAN KEBUDAYAAN DI KOTA BANDUNG

Walikota Bandung Ridwan Kamil mengapresiasi langkah Sastrawan Ajip Rosidi yang  telah menyelenggaraan Hadiah Sastra Rancage 2015 selama 27 tahun dan mendukung

Miftah Sabtu, 13 Agustus 2016 09:45
RIDWAN KAMIL DUKUNG PELESTARIAN KEBUDAYAAN DI KOTA BANDUNG
RIDWAN KAMIL DUKUNG PELESTARIAN KEBUDAYAAN DI KOTA BANDUNG

Walikota Bandung Ridwan Kamil mengapresiasi langkah Sastrawan Ajip Rosidi yang  telah menyelenggaraan Hadiah Sastra Rancage 2015 selama 27 tahun dan mendukung perkembangan kebudayaan-kebudayaan khususnya Sunda di Kota Bandung. Hal itu diungkapkan Walikota Bandung Ridwan Kamil saat menghadiri penyerahan hadiah sastra Rancage 2015 dan Hadiah Samsudi di Gedung Perpustakaan Ajip Rosidi Jl. Garut No 2. Kota Bandung. Sabtu, (22/8/2015).
"Saya secara pribadi dan sebagai walikota mengapresisasi apa yang dilakukan oleh Ajip Rosidi, sekarang sudah ada perpustakaan dan tadi juga memberi penghargaan kepada Sastra Sunda, Batak, Bali, Jawa," Katanya.
Walikota juga berkomitmen untuk berperan membantu hal-hal yang bisa Pemerintah Kota (Pemkot) lakukan. Selain itu guna mendukung program-program pelestarian kebudayaan di Kota Bandung, Akhir tahun ini pemkot Bandung berenca akan membangun pusat kreatifitas warga Bandung.
"Kita akan membuat pusat kreatifitas warga Bandung, sedang didesain gambarnya juga, akhir tahun akan kita bangun,"Ujarnya.
Lebih lanjut Ridwan menambahkan terlebih Gubernur akan membuat pusat kebudayaan skala international di Cikutra, dan Pemkot Bandung juga ada pusat budaya sunda di Ujung Berung. Hal tersebut merupakan kombinasi-kombinasi dukungan terhadap perkembangan kebudayaan di Kota Bandung.
Selain Gubernur Jawa Barat Penyerahan Hadiah Sastra Rancage 2015 juga dihadiri oleh menteri PAN-RB Yudi Chrisnandi. Adapun yang mendapat penghargaan dari Sastera Sunda yaitu Dian Hendrayana atas karyanya "Lagu Ngajadi" kumpulan guguritan dan Aam Amalia atas jasanya.
Untuk sastra Jawa, penghargaan diberikan kepada Triman Laksono dengan karyanya "Sepincuk Rembulan" dan Yulitin Sungkowati untuk jasanya. Untuk sastera Bali penghargaan diberikan kepada I Gede Putra Ariawan atas karyanya "Ngurug Pasih" dan I Nyoman Adiputra untuk jasanya.
Sedangkan sastra Batak diberikan kepada Saut Poltak Tambunan atas karyanya "Si Tumoing" dan Leonardus Egidius Joosten untuk jasanya. Sementara, selain penghargaan hadiah Rancage, dalam kesempatan ini pun diberikan hadiah Samsudi kepada Ahmad Bakri atas karyanya berjudul "Kasambet".