VERIFIKASI PENILAIAN KABUPATEN KOTA SEHAT TINGKAT NASIONAL

Tim verifikasi penilaian kota sehat tingkat pusat berkunjung ke pendopo Kota Bandung, dan diterima langsung oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Ketua Forum

Miftah Sabtu, 13 Agustus 2016 09:45
VERIFIKASI PENILAIAN KABUPATEN KOTA SEHAT TINGKAT NASIONAL
VERIFIKASI PENILAIAN KABUPATEN KOTA SEHAT TINGKAT NASIONAL

Tim verifikasi penilaian kota sehat tingkat pusat berkunjung ke pendopo Kota Bandung, dan diterima langsung oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Ketua Forum Peduli Bandung Sehat (FPBS) Atalia Kamil dan kepala SKPD terkait di Pendopo Kota Bandung Jalan Dalem Kaum, Senin (7/9/2015) malam. Hal itu berkaitan dengan keikutsertaan Kota Bandung dalam lomba kabupaten kota sehat tingkat nasional 2015.
Walikota Bandung dalam sambutannya mengatakan bahwa ada tiga unsur dalam indeks pembangunan manusia, yakni pendidikan, kesehatan dan dan daya beli atau ekonomi. Dari unsur kesahatan misalnya Wali Kota Bandung berkomitmen dan berupaya memberikan akses dan pelayanan yang nyaman bagi warga Bandung. "Salahsatunya pelayanan masyarakat Puskesmas 24 Jam, kami terus bergerak sekarang sudah punya puskesmas 24 jam," Ujar Ridwan.
Program lainnya yang beirisan dengan kesehatan adalah program unggulan yang mendapat penghargaan nasional yaitu program penurunan ibu dan anak yang bernama Katresna Sadaya. "Kalau ada ibu hamil di Kota Bandung, Pa RW didampingi tim dari Dinkes mendampingi dan memastikan ibu hamil hingga melahirkan," Katanya.
Lebih lanjut Walikota menambahkan rencananya pemkot akan besarkan volumenya hingga terus angkanya turun, Sehingga di Kota Bandung dengan ikatan sosial penurunan kematian ibu dan anak akan menurun, hal itu tidak semata-mata medis kita akan perkuat dengan kekuatan sosial.
Pemkot Bandung juga memiliki program kesehatan yang sifatnya evolutif, seperti One day no rice di hari Senin, untuk mengurangi konsumsi nasi dan untuk mengurangi diabetes. Selasa tanpa rokok, yang sudah dilakukan di salah satu RW di kecamatan Buah Batu. Selain itu ada Jumat Bersepada. Kombinasi dari preventif dan kuratif tersebut adalah inovasi yang telah wujudkan di Kota Bandung.
Sementara itu, Ketua tim verifikasi pusat kota kabupaten tingkat nasional Dedi Mulyana mengatakan ada 21 Provinsi yang mengikuti lomba kabupaten kota sehat, salah satunya yang membanggakan dari 34 provinsi ada 21 provinsi yang potensial dan salah satunya adalah Jawa Barat.
"Dari 21 Provinsi yang potensial salah satunya Jawa Barat dan Jawa Barat identik dengan Bandung," kata Dedi.
Penilaian kota kabupaten sehat ini merupakan kegiatan multi sektor dari SKPD yang terlibat yang intinya merupakan penilaian dari pusat ke pemerinta daerah dan kota. Dedy menyarankan ada beberapa catatan yang harus dibenahi kota Bandung, di beberapa rumah sakit besar dan puskesmas di Bandung mislnya ada beberapa unsur penilaian diantaranya perlu diperbaiki sehingga ke depan unsur itu tidak menjadai penghalang peniliaian dan bukan tidak mungkin penghargaan akan didapatkan.