HIMBAU PARPOL BERI PENDIDIKAN POLITIK KE MASYARAKAT

Musyawarah daerah merupakan musyawarah internal untuk konsolidasi dan orientasi partai. Fondasi kemajuan bangsa ini memiliki dua faktor penting yang harus dipeg

Miftah Sabtu, 13 Agustus 2016 09:46
HIMBAU PARPOL BERI PENDIDIKAN POLITIK KE MASYARAKAT
HIMBAU PARPOL BERI PENDIDIKAN POLITIK KE MASYARAKAT

Musyawarah daerah merupakan musyawarah internal untuk konsolidasi dan orientasi partai. Fondasi kemajuan bangsa ini memiliki dua faktor penting yang harus dipegang yakni stabilitas politik dan stabilitas ekonomi.
Hal itu dikatakan Walikota Bandung Ridwan Kamil saat memberi sambutan dalam Musyawarah Daerah IV PAN Kota Bandung  di Gedung PGRI Jalan Talaga Bodas, Minggu (1/10/2015).
“Kita lihat di timur tengah berantakan karena stabilitas politiknya tidak terjadi, oleh karena itu, jika dari dua hal itu tidak dimiliki maka runtuhlah peradaban sebuah bangsa,” ujarnya.
Dalam kesempatan tersebut Ridwan mengapresiasi tagline “berpolitik tanpa gaduh” yang digaungkan partai yang lahir di era reformasi tersebut.
“Saya apresiasi taglinenya, banyak cara untuk mencapi tujuan, bisa dengan cara-cara yang santun tapi selesai pekerjaan, atau memilih gaduh dan ramai yang belum tentu juga pada sampai tujuan,”tuturnya.
Ridwan menyambut baik dan meminta lebih sering silaturahmi politik antar partai, sehingga masalah Kota Bandung akan beres secara informal.
Ridwan mengatakan partai politik harus memiliki dua fungsi, pertama yakni memberi pendidikan politik dan memberikan demokrasi ke masyarakat.
“Masyarakat harus jadi lebih pintar, pandai memberikan aspirasi dengan cara-cara intelektual, dengan yang baik,”ujarnya.
Lanjut Ridwan, kedua parpol juga punya peran untuk merebut kekuasaan, akan tetapi Parpol diharapkan untuk lebih sering turun tangan dan menunjukkan bahwa kehadiran Parpol bisa terasa di masyarakat bukan hanya terdengar.
Oleh karena itu, Ridwan menawarkan jika ada partai yang turun di masyarakat dan memerlukan bantuan pemerinta kota, pihaknya tak akan dengan senang hati untuk menyempurnakan dan memberikan bantuan terhadap gagasan-gagasan ke masyarakat.