RIDWAN KAMIL HARAPKAN ANAK BANGSA BISA MENELADANI SIFAT KEPAHLAWANAN

Peringatan Hari Pahlawan dapat dijadikan cermin atau refleksi tentang pengorbanan keteladanan dan keteguhan untuk menggapai harapan masa depan dengan terus beke

Miftah Sabtu, 13 Agustus 2016 09:46
RIDWAN KAMIL HARAPKAN ANAK BANGSA BISA MENELADANI SIFAT KEPAHLAWANAN
RIDWAN KAMIL HARAPKAN ANAK BANGSA BISA MENELADANI SIFAT KEPAHLAWANAN

Peringatan Hari Pahlawan dapat dijadikan cermin atau refleksi tentang pengorbanan keteladanan dan keteguhan untuk menggapai harapan masa depan dengan terus bekerja dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera.
Hal itu diutarakan oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil, Saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional 10 November 2015 di Lapangan Tegallega, Selasa (10/11). Menurutnya mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera merupakan salah satu cita-cita pejuangan bangsa.
Hari Pahlawan 2015 ini mengambil tema,” Semangat Kepahlawanan Adalah Jiwa Ragaku”. Menurut Ridwan Kamil, tema tersebut mempunyai makna unuk menginternalisasi jiwa semua anak bangsa agar nilai kepahlawanan terpatri dan merasuk ke dalam sanubari yang paling dalam.
“Nilai kepahlawanan untuk meneladani sifat kepahlawanan yaitu sifat rela berkorban, tanpa pamrih, kerja keras, jujur, berani dan patriotik,”ujarnya.
Ia menambahkan dengan peringatan tersebut, bisa menjadi momentum menumbuh kembangkan nilai-nilai persatuan, kepahlawanan dan kesetiakawanan sosial. Oleh karena itu, nilai kepahlawanan tidak akan pernah usang dan lekang oleh zaman. Dirinya berujar, jika nilai tersebut setiap watu dapat di implementasikan dari generasi ke generasi sesuai dengan perkembangan zaman.
Maka dari itu, pria yang kerap disapa Emil ini menuturkan penyelenggaraan hari pahlawan selalu sangat penting, karena sebagai barometer seberapa kuat nilai-nilai masyarakat terhadap perjuangan kehidupan berbangsa dan bernegara.
“Selain itu ini sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan para pejuang untuk mewujudkan kemerdekaan dalam menjaga keutuhan negara Republik Indonesia,”ungkapnya.
Peringatan Hari Pahlawan tahun 2015 difokuskan untuk membangun kesadaran dan ingatan kolektif seluruh bangsa Indonesia. Maka dari itu, Ridwan Kamil berharap hal itu dapat dapat menjadi representasi pengakuan dan pengarahan dari nilai perjuangan untuk di implementasikan dalam kehidupan bernegara dalam waktu kini dan mendatang.