KOTA BANDUNG MELUNCURKAN PIAGAM HAM

Setelah resmi mendeklarasikan diri sebagai kota ramah Hak Asasi Manusia (HAM) 2 April 2015 lalu, Kota Bandung meluncurkan piagam HAM Kota Bandung yang juga bert

Gungun Sabtu, 13 Agustus 2016 09:46
KOTA BANDUNG MELUNCURKAN PIAGAM HAM
KOTA BANDUNG MELUNCURKAN PIAGAM HAM

Setelah resmi mendeklarasikan diri sebagai kota ramah Hak Asasi Manusia (HAM) 2 April 2015 lalu, Kota Bandung meluncurkan piagam HAM Kota Bandung yang juga bertepatan dengan hari HAM International dan ditandatangani oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Pendopo Kota Bandung, Kamis (10/12/2015).

Peluncuran piagam HAM Kota Bandung tersebut didukung oleh dua organisasi yaitu Foundation for International Human Rights Reporting Standarts (FIHRSST)dan Pusat Advokasi Hukum dan Hak Asasi Manusia (PAHAM) Universitas Padjajaran. 

Dalam sambutannya Wali Kota Bandung mengatakan piagam HAM merupakan fondasi pernyataan agar suatu hari nanti tak ada lagi perdebatan tentang HAM.

"Terkait Piagam HAM ini justru itu agar isu HAM bukan jadi  perdebatan lagi, ini bukan penghargaan tapi ini adalah langkah awal fondasi pernyataan yang akan membawa bandung menuju sebuah titik yang pada suatu hari nanti tidak ada lagi perdebatan tentang hak-hak asasi manusia," ujarnya.

Hari ini kita, bandung memulai sebuah langkah yang diakui PBB dan perwakilan dunia dalam rangka menegakkan dan mencari nilai-nilai HAM.

Lebih lanjut Ridwan mengajak kepada seluruh pihak agar terus memperjuangkan agar menjadi peraturan daerah.

"Saya titip  setalah ini kita bisa bikin forum-forum yang membahas beberapa hal seperti agama, perempuan, anak kecil, tentang orang stabilitas, fundamental," katanya.

Ridwan pun meyakinkan bahwa nantinya langkah-langkah ini diakui secara international dan nantinya akan diaudit. 

"Kita ada teknis, ada standart international dan juga standart lokal dan kami kombinasi standar international dan lokal, dan kita sampling 2 kelurahan agar menjadi percontohan," jelasnya.