HARI ANTI KORUPSI INTERNASIONAL DI GELAR DI KOTA BANDUNG

Walikota Bandung Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Ketua KPK, Taufiequrachman Ruki dan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Indonesi

Gungun Sabtu, 13 Agustus 2016 09:46
HARI ANTI KORUPSI INTERNASIONAL DI GELAR DI KOTA BANDUNG
HARI ANTI KORUPSI INTERNASIONAL DI GELAR DI KOTA BANDUNG

Walikota Bandung Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Ketua KPK, Taufiequrachman Ruki dan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Indonesia, Luhut Panjaitan, menghadiri pembukaan festival hari anti korupsi di Sabuga, Kamis, (10/12).

Festival tersebut dihadiri oleh lembaga-lembaga negara dengan mendirikan booth. Kota Bandung menyumbangkan Inspektorat dan BPPT. Dipilihnya kedua lembaga tersebut, Kata Ridwan Kamil dikarenakan mereka mewakili reformasi dinas di Pemkot Bandung. BPPT sudah mengeluarkan 6000 izin selama enam bulan dirilis online.

Sedangkan untuk inspektorat, menurutnya dinas tersebut ada reformasi pengawasan. Sehingga tahun lalu, Pemkot Bandung mendapatkan penghargaan KPK anti gratifikasi.

Selain itu juga, dalam hari anti korupsi ini akan ada pembentukan forum pemantau zona intergritas. Nantinya masyarakat dan ahli-ahli di Bandung akan masuk kedalam lembaga yang diberikan SK oleh orang nomor satu di Bandung tersebut.

"Di situ saya beri wewenang, untuk melakukan pemantauan dan pelaporan di dinas-dinas jika ada pelanggaran menjurus korupsi,"ujarnya.

Untuk Penyelenggaraan acara sendiri, ia mengaku cukup puas karena partisipasi warganya yang luar biasa. Ada 38 acara yang diselenggarakan di beberapa tempat di Kota Bandung. Acara tersebut seperti seminar, membuat film, acara teatrikal dan lainnya.

"Semua orang ingin berpartisipasi, sehingga top of mind-nya tentang anti korupsi tidak dilingkungan pejabat, tapi di anak-anak sekolah juga,"ungkapnya.

Maka dari itu, ada 3000 kelas untuk mengedukasi dan membuat komitmen tentang anti korupsi. Kemudian 151 kelurahan di Kota Bandung juga ikut berpartisipasi.

"Jadi seluruh mata angin di Bandung pointnya tentang anti korupsi. Sehingga nantinya bermuara pada perilaku menghindari dari hal negatif seperti korupsi,"pungkasnya.