KOTA BANDUNG MASUK DALAM JARINGAN UNESCO CREATIVE CITIES NETWORK (UCCN)

United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) telah mengumumkan Kota Bandung sebagai Kota Desain Dunia atau City of Design. Deng

Miftah Sabtu, 13 Agustus 2016 09:46
KOTA BANDUNG MASUK DALAM JARINGAN UNESCO CREATIVE CITIES NETWORK (UCCN)
KOTA BANDUNG MASUK DALAM JARINGAN UNESCO CREATIVE CITIES NETWORK (UCCN)

United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) telah mengumumkan Kota Bandung sebagai Kota Desain Dunia atau City of Design. Dengan anugrah tersebut Bandung diterima bergabung dengan jaringan Unesco Creative Cities Network.
Penunjukan Kota Bandung sendiri disampaikan Direktur Jenderal Unesco Irina Bokova yang mengumumkan penunjukan 47 kota dari 33 negara sebagai anggota baru dari Unesco Creative Cities Network di markas besar Unesco, Jumat (11/12). 
Walikota Bandung Ridwan Kamil mengatakan jika ia sudah mendaftarkan ke Unesco selama tiga tahun. Dirinya mengirimkan buku argumentasi (Dossier) untuk membuktikan kreativitas yang ada di Bandung. 
"Kita kirim buku argumentasi, ini buku tebal untuk membuktikan kreativitas mulai dari pendidikan, aktivitasnya, komunitasnya dan karya-karyanya ada di Bandung," ujarnya di CFD, Minggu (13/12). 
Dengan anugrah tersebut, dirinya ingin membuktikan ke dunia bahwa Bandung merupakan kota kreatif yang diakui oleh PBB lewat Unesco. Ia pun menghimbau agar warga Bandung lebih pro-aktif dalam dunia desain. 
Dalam dunia birokrasi pun ia menerapkan konsep Design Thinking. Dimana ia ingin melatih Pemkot Bandung menyelesaikan masalah secara solutif dan inovatif. 
"Itu cara baru melatih Pemkot Bandung agar birokrasinya solutif dan inovatif. Jadi kerja jangan yang rutin-rutin aja, justru menyelesaikan masalah dengan cara baru," ungkapnya. 
Bandung sendiri merupakan kota kedua yang terdaftar di Unesco Creative City Network (UCCN), setelah tahun 2014, Pekalongan terdaftar dalam bidang Craft dan Folk Art. 
Selain Bandung, kota yang masuk dalam UCCN adalah Singapura, Budapest, Kaunas dari Lithuania, Detroit dan Puebla di Mexico.