Pameran UKM Bandung

Sebanyak 52 produk khas Bandung unjuk gigi di pameran SMESCO-Marketeers Creativity Day, sebuah event yang menampilkan berbagai produk UKM (Usaha Kecil Mengengah

Gungun Sabtu, 13 Agustus 2016 09:47
Pameran UKM Bandung
Pameran UKM Bandung

Sebanyak 52 produk khas Bandung unjuk gigi di pameran SMESCO-Marketeers Creativity Day, sebuah event yang menampilkan berbagai produk UKM (Usaha Kecil Mengengah) berbasis industri kreatif dengan pasar untuk anak muda (youth), perempuan (women) dan pengguna internet (netizen).
 

Mengangkat tema "It's A Joyful Marketplace", Pemerintah Kota Bandung memfasilitasi selain membawa insan kreatif para pelaku KUKM Kota Bandung menampilkan juga berbagai pertunjukan menarik seperti musik, art performance, serta mini exhibition produk kuliner, fashion, accesesories serta handcraft.
 

Dikatakan Wali Kota Bandung, M Ridwan Kamil, "UKM di Bandung sangat banyak tapi kita pilih yang mewakili semangat UKM Bandung, saya datang untuk mempromosikan juga pada orang Jakarta konsumen terbesarnya Bandung, juga untuk untuk mengajak pada seluruh masyarakat agar mengenal lebih dekat terhadap produk-produk karya anak bangsa kemudian lebih menghargai dengan cara membeli dalam negeri," ujarnya di Gedung SMESCO, Jl. Gatot Subroto Jakarta Selatan, Minggu (28/02/2014)
 

Lebih lanjut dikatakannya produk-produk kreatif Bandung tidak hanya di promosikan di dalam negeri tapi juga di mancanegara, "kita disini mempromosikan produk Indonesia apalagi Kota Bandung di luar negeri sudah punya brand namanya Little Bandung di Paris Perancis, kita akan promosikan produk kreatif ini keseluruh dunia".
 

Ridwan menyatakan Kota Bandung telah mempersiapkan diri menghadapai pasar bebas asia tenggara atau Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dengan mempersiapkan format pasar untuk ke luar negeri sehingga suatu hari dengan proaktif UKM Bandung bisa bersaing tidak hanya level nasional tapi internasional.

"Minggu lalu kita bikin terobosan pertama di Indonesia, UKM di Bandung tidak usah lagi pakai izin cukup lapor saja, sehingga orang punya bisnis bisa langsung dan diperiksa belakangan dengan cara ini Insya allah industri kreatif maju, juga tahun ini kita membuat bangunan keren kreatif center dan innovation center,"

Bandung adalah kota UKM dikatakan Ridwan "Bandung kokoh karena UKM secara statistik pertumbuhan kami salah satu tertinggi di Indonesia sebesar 7,8 persen, Indonesia tumbuh 4,7 persen, UKMnya mendekati 60 persen kami tidak mempunyai sumber daya alam tapi kami memiliki sumber daya manusia, kami sangat fokus pada ekonomi kreatif," paparnya

Hal senada juga disampaikan Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, "Saya melihat program Bandung sangat luar biasa mulai dari segi kelembagaan UKM Bandung tidak perlu izin bisa langsung dagang, pembiayaan didukung oleh kredit melati, kemudian dimanja gedung innovation center dan creative center, dan yang menarik untuk pemasaran kota Bandung tidak hanya dalam negeri tapi internasional dengan Little Bandung dan kerjasama Facebook," sambutnya.
 

CEO MarkPlus, Hermawan Kartajaya menyatakan komitmen untuk menumbuhkan start-up business di Indonesia dengan melalui berbagai event kreatif bersinergi bersama kementerian Koperasi dan UKM, "Hari ini UKM Bandung sangat keren, acara ini bagian yang luar biasa dari kementerian UKM kerjasama dengan Galeri Indonesia WOW dimana digilir semua daerah di Indonesia"
 

Acara tersebut menampilkan berbagai produk UKM berbasis industri kreatif ini akan diselenggarakan secara rutin setiap bulan pada hari Minggu di minggu ke-4 bertempat di gedung SME Tower, Jakarta. Acara ini didukung sepenuhnya oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, SMESCO RumahKU, Indonesia Marketing Association, International Council for Small Business – Indonesia (ICSB Indonesia), Indonesia Council for Small Medium Enterprise, Marketeers CSR & PKBL CLUB, Yayasan Dharma Bhakti Astra,dan The Global Compact network Indonesia.
 

Marketeers Creativity Day merupakan arena bagi para pelaku UKM yang kreatif dan produktif untuk menunjukkan kompetensinya dalam mewujudkan berbagai produk unggulan dari berbagai industri, antara lain: fashion, kuliner, musik, olahraga, fotografi, dan lain sebagainya yang akan dimeriahkan dengan berbagai acara hiburan seperti musik, pagelaran busana, demo produk, model casting, dan demo memasak dan lain-lain.