Shalat Idul Adha Walikota Bandung

Wali Kota Bandung, M Ridwan Kamil ditemani istri Ny. Atalia Kamil beserta keluarga melaksanakan Shalat Idul Adha 1437 H / 2016 M di Lapangan Golf Siliwangi

Miftah Selasa, 13 September 2016 01:24
Shalat Idul Adha Walikota Bandung
Shalat Idul Adha Walikota Bandung


Wali Kota Bandung, M Ridwan Kamil ditemani istri Ny. Atalia Kamil beserta keluarga melaksanakan Shalat Idul Adha 1437 H / 2016 M di Lapangan Golf Siliwangi Jl. Lombok No. 10, Senin (12/09/2016).


Ridwan tiba tepat pukul 06.00 WIB disambut jajaran staf Pemerintah Kota Bandung, dengan khusyuk mengikuti jalannya ibadah Idul Adha yang dipimpin Iman & Khatib Drs. KH. Ateng Muhaimin.


Hal itu dilakukan sesuai dengan janji beliau yang akan melaksanakan sholat di tempat yang berbeda diseluruh kota sebagai salah satu cara mendekatkan Wali Kota dengan warganya.


"Ini adalah cara saya setiap tahun untuk Shalat Ied di tempat tempat yang berbeda. Sebagai pemimpin, yang akan dihisab adalah bab adil. Dalam keseharian saya menghadapi puluhan ratusan kali agar bersikap adil. Dalam rangka mendekatkan diri kepada warga, saya setiap tahun selalu melaksanakan shalat ied yang berbeda setiap tahun diseluruh wilayah Bandung," ungkap Ridwan.


Usai melaksanakan shalat Idul Adha Ridwan bermushafahah dengan jemaah, kemudian secara simbolis Ridwan menyerahkan seekor hewan qurban berupa sapi kepada DKM Masjid Jidahul Akbar Kelurahan Merdeka Kecamatan Sumur Bandung.


Tak hanya melakukan shalat ied di berbagai wilayah, Ridwan juga melakukan qurban di tempat yang berbeda setiap tahunnya.


"Untuk qurban, keluarga saya juga berpindah pindah, mengikuti titik-titik masyarakat yang memang membutuhkan," ucap dia. Tahun ini, Ridwan dan keluarga melaksanakan qurban di RT 6 RW 12 Kelurahan Babakan Sari.


Ridwan berharap agar warga Bandung bisa menjadi warga yang melakukan qurban. Tidak hanya untuk dibagikan di Kota Bandung tetapi juga ke kota lain yang membutuhkan.


"Karena insya Allah dengan pembangunan yang makin baik kita menjadi kelompok yang tangannya di atas. Tapi apapun itu mudah-mudahan ibadah qurban ini mendapatkan hikmah yang menjadikan kita individu yang makin baik," ujar Ridwan.


Ridwan menyerahkan 17 sapi dan 50 kambing kepada keluarga yang meminta bantuan.


Kepada yang melaksanakan ibadah qurban, Ridwan berpesan agar tidak banyak menghasilkan limbah, terutama limbah plastik. Ia menyarankan agar warga mengefisiensikan penggunaan kantong plastik sebagai pembungkus daging qurban.


"Biasanya di beberapa tempat sudah dilakukan limbahnya memang dikubur. Intinya tolong dilakukan sebuah upaya pembuangan yang tidak mencemari lingkungan, tidak mencemari gorong-gorong ke sungai. Hari ini limbah harus dibuang," tegasnya.