Upacara SMP 16

Di sekolah, guru merupakan orang tua yang berperan memberikan pendidikan untuk murid-muridnya. "Sebagai orang tua, guru harus menganggapnya sebagai anak di

Miftah Selasa, 25 Oktober 2016 08:16
Upacara SMP 16
Upacara SMP 16


Di sekolah, guru merupakan orang tua yang berperan memberikan pendidikan untuk murid-muridnya.

"Sebagai orang tua, guru harus menganggapnya sebagai anak didik, yah lebih intensnya lagi anak di sekolah," ujar Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial saat memberikan amanat dalam upacara bendera, di smp negeri 16 bandung Jl. PH.H. Mustofa No.53, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kelurahan Neglasari, Senin (24/10/2016).

Lanjut ia menyampaikan, seorang guru tercermin dari kepribadiannya dalam bersikap di sekolah.

"Menjadi guru memang harus menyadari bahwa guru merupakan seorang figur yang diteladani oleh semua pihak, terutama oleh anak didinya di sekolah,"tutur Oded.

Ditambahkan olehnya, figur yang diteladani perlu menjadi peranan di lingkungannya, jika orang tua bertanggun jawab di rumah, maka guru bertanggung jawab sepenuhnya di sekolah.

"Dari hal demikian menjadi guru itu sangatlah penting. Perlu membimbing dari Rohani, pendidikan dan tingkah laku. Sehingga nantinya ketika anak didiknya sudah lulus, ilmu yang diberikan oleh gurunya pasti diterapkan,"jelas Oded.

Lanjut oded menambahkan, sehingga murid SMP 16, harus nurut apa yang diperintahkan oleh guru guru kalian.

"Baik itu pekerjaan rumah, tugas ekstra kulikuker, pelajaran tambahan dan sebagainya, perlu dituruti. Sebab perintah guru merupakan perintah orang tua kalian di sekolah,"ujarnya.

Oded berpesan kepada murid-murid SMP 16, sayangilah guru-gurumu.

"Berikanlah rasa sayang kalian itu seperti menyayangi orangtuamu di rumah dan ingat jangan sekali kaki melawan kepada guru,"pungkas Oded.

Seusai upacara bendera, lanjut wakil wali kota bandung Oded M. Danial berinteraksi dengan guru dan murid-murid SMPN 16 Bandung.