Ridwan Kamil: Untuk Bisa Bersaing, Seorang PR Harus Percaya Diri

Untuk bisa bersaing di tingkat nasional bahkan di dunia international, seorang public relation harus memiliki rasa percaya diri dan mampu mempromosikan bran

Miftah Kamis, 27 Oktober 2016 15:48
Ridwan Kamil: Untuk Bisa Bersaing, Seorang PR Harus Percaya Diri
Ridwan Kamil: Untuk Bisa Bersaing, Seorang PR Harus Percaya Diri


Untuk bisa bersaing di tingkat nasional bahkan di dunia international, seorang public relation harus memiliki rasa percaya diri dan mampu mempromosikan brand masing masing dengan baik.


Hal itu dikatakan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat menjadi narasumber dalam acara Konvensi Nasional Humas (KNH) 2016 di Hote Aryaduta Kota Bandung, (27/10/2017). KNH 2016 merupakan konvensi terbesar para pemangku kepentingan humas se Indonesia.


"Dalam dunia international, kita harus percaya diri apalagi untuk mempromosikan brand yang kita punya," terangnya.


Ridwan menceritakan dalam memimpin Kota Bandung, dirinya memanfaatkan media sosial untuk  menginformasikan kepada masyarakat program maupun progress sebagai bentuk menjaga akuntabilitas.


"Dalam dunia PR juga sama, melalui medsos ini kita bisa melaporkan atau mempromosikan semaksimal mungkin dan sebaik mungkin," terangnya.


Lanjut Ridwan hal itu dapat menjadi kekuatan gaya kehumasan baru sekaligus membangun reputasi Indonesia di tahun 2030.


Sementara itu menurut Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Perhumas Agung Laksana mengatakan, elemen utama dari KNH 2016 antara lain kesiapan berkontribusi lebih besar, seperti penetapan kode etik kehumasan baru, peta jalan atau road map kehumasan.


"Tiga kontribusi pemikiran ini diperlukan guna membangun keselarasan kompetensi dasar, kolaborasi, dan sinergi para praktisi humas dengan berbasis perkembangan teknologi informasi komunikasi. Diharapkan, secara bertahap mampu menjadikan Indonesia sebagai tujuan perdagangan utama, investasi, destinasi wisata, serta menciptakan produk global," katanya.