Stop Styrofoam 1 November

Satu hari menuju satu November berita baiknya selevel produsen Indofood mau mengikuti pemusnahan Styrofoam yang merusak lingkungan. “Karena mereka takut

Miftah Senin, 31 Oktober 2016 16:22
Stop Styrofoam 1 November
Stop Styrofoam 1 November


Satu hari menuju satu November berita baiknya selevel produsen Indofood mau mengikuti pemusnahan Styrofoam yang merusak lingkungan.

“Karena mereka takut omset penjualannya berkurang, sehingga mengikuti alur yang dibuat oleh pemerintah kota bandung. Akhirnya Indofood rapat dan bertemu dengan saya menyatakan bahwa akan mengikuti kebijakan Wali Kota Bandung,” jelas Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil saat ditemui di Pendopo Kota Bandung, Senin (31/10/2016).

Lanjut ia menyampaikan, tidak hanya pembuatan di kota bandung saja, sekalian seluruh indonesia merubah dari syrofoan menjadi karton.

“Hanya skala indutri harus ganti mesin dan mencari bahannya, jadi mereka minta ijin waktu untuk mengganti mesin pencetakan,”jelasnya.

Ridwan menambahkan, artinya niat itu mendapat respon yang baik, sehingga pola pikir seseorang manusia untuk lingkungan diguanakn saat ini.

“Penyelamatan lingkungan itu dengan regulasi, salah satunya ada di peraturan wali kota yang menyinggung seperti bangunan hijau. Itu kan kalo banguanan hijau dipakai oleh seluruh masyarakat dalam sepuluh tahun, kita tidak terkena polusi co2 sekitar 260 ribu ton dan menghemat biaya listrik setengah trilyun,”jelasnya.

Lanjut ia menyampaikan, nantinya untuk teknis dalam pengawasan akan dilakukan rapat.

“Isinya saya akan langsung membuat surat edaran sampai lurah-lurah harus bergerak memberitahukan stop styrofoam. Nantinya per tanggal 1 November, membuat pemberitahuan secara tertulis, kalo tidak diikuti saja lanjut pertegas dengan pemberitahuan lisan dan jika sampai itu tidak mematuhi juga akan langsung di cabut ijin usahanya,” jelas ridwan.

Jadi inilah contoh-contoh bagaimana Pemkot Bandung selama ini sangat peduili terhadap lingkungan dan cara strategis untuk jangkla panjang.

“Jangan hanya perintilan teknis dan strategis, pergerakan langsung pun penting untuk terselengggaranya kebersihan lingkungan,”pungkas ridwan.