Peluncuran Layanan Pendaftaran Haji Satu Atap di Kota Bandung

Bagi warga Muslim Kota Bandung yang hendak menunaikan ibadah haji, kini telah hadir sistem Pelayanan Haji Satu Atap yang dikelola oleh Kantor Kementerian Ag

Miftah Selasa, 29 November 2016 08:05
Peluncuran Layanan Pendaftaran Haji Satu Atap di Kota Bandung
Peluncuran Layanan Pendaftaran Haji Satu Atap di Kota Bandung


Bagi warga Muslim Kota Bandung yang hendak menunaikan ibadah haji, kini telah hadir sistem Pelayanan Haji Satu Atap yang dikelola oleh Kantor Kementerian Agama Kota Bandung. Sistem tersebut secara resmi telah berlaku sejak peluncuran Pelayanan Haji Satu Atap dan peresmian payment point Pelayanan Haji Satu Atap di Aula Kantor Kemeterian Agama Kota Bandung, Jl. Soekarno-Hatta No. 498 Bandung, Senin (28/11/2016).

“Dengan sistem yang baru ini, masyarakat Kota Bandung cukup satu jam sudah dapat kursi untuk haji,” ungkap Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bandung, Yusuf.

Dikatakan Yusuf, sebagai kota metropolitan yang mobilitas warganya cukup tinggi, layanan ini akan mempermudah calon jama’ah dalam proses pendaftaran haji.

 “Nanti warga tidak perlu lagi datang ke Kantor Kementerian Agama, lalu bayar ke bank, terus balik lagi ke kantor Kementerian Agama Kota Bandung. Semua pelayanan akan satu atap,” tambah Yusuf.

Inovasi ini, menurut Wali Kota Bandung, M. Ridwan Kamil merupakan upaya memberikan perubahan dan kemajuan di Kota Bandung. Baginya, tugas pemerintah hanya dua, yakni membawa perubahan dan kemajuan di tengah-tengah masyarakat.

“Hari ini salah satu perbaikan pelayanan kepada calon jemaah haji Kota Bandung. Pelayanan satu atap sudah mulai dimaksimalkan dengan pendaftaran dan pembayaran dengan cara membuka cabang-cabang perbankan syariah di satu tempat yang sama,” tutur Ridwan usai peluncuran program layanan haji satu atap. “Mudah-mudahan dengan seperti ini warga juga tenang,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Ridwan juga memotivasi warga Kota Bandung untuk segera mendaftar menjadi calon Jemaah haji sejak sekarang, mengingat antrian keberangkatan jamaah sudah semakin panjang. Warga Kota Bandung harus menunggu selama 17 tahun untuk bisa berangkat ibadah haji.

“Kepada warga Bandung cepat-cepatlah mendaftar. Jadi kita motivasi warga Bandung sudah harus menyiapkan rencana berhaji minimal 17 tahun sebelum takdir itu hadir,” ucap Ridwan.

Hingga saat ini, jumlah pendaftar keberangkatan haji asal Kota Bandung sudah mencapai 25.729 orang. Tahun 2016 saja, jumlah pendaftar tercatat sebanyak 3805 orang. Sementara itu, di Jawa Barat angka pendaftar mencapai 466.234 orang dengan lama antrian minimal 15 tahun.