Bimtek Linmas 2016

Membuat cara menjaga keamanan dan kondusifitas di wilayah yaitu dengan berpikir cerdas. "Salah satunya kegiatan sekarang ini, Bimbingan Teknis Linmas dan J

Miftah Selasa, 29 November 2016 13:55
Bimtek Linmas 2016
Bimtek Linmas 2016


Membuat cara menjaga keamanan dan kondusifitas di wilayah yaitu dengan berpikir cerdas.

"Salah satunya kegiatan sekarang ini, Bimbingan Teknis Linmas dan Jaga Lembur Kota Bandung, yang mengedepankan kebudayaan sunda sebagai salah satu cara untuk menjaga kewilayahan, "ujar Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil saat memberikan amanat pada acara Bimtek Linmas & Jaga Lembur 2016, bertempat di Rindam III Siliwangi Bandung, Selasa (29/11/2016).

Lanjut ia menyampaikan, kegiatan ini meningkatkan kemampuan kualitas individu untuk menjadi manusia yang lebih berpengetahuan.

"Menjadi manusia yang lebih disiplin, memliki jiwa kekompakan yang lebih baik serta lebih mencintai kota bandung. Insya Allah apa yang kita pelajari sekarang menghasilkan manfaat yang baik untuk orang-orang disekitar,"jelasnya.

Ridwan menambahkan, Setia kita sebagai pemimpin minimal untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat.

"Dengan demikian tolong di jaga wilayah masing masing, waspadai dengan semangat dari jaga lembur ini sebagai kekuatan wajah keamanan dan kondusifitas kota bandung,"tuturnya.

Jaga lembur ini adalah warna untuk membedakan linmas di kota bandung dengan ditempat lain.

"Di kota Bandung linmas harus punya pengetahuan bela negara yang tinggi, mengetahui juga pengetahuan tentang budaya sunda yang memadai. Itulah yang membedakan linmas kota bandung,"jelasnya.

Lanjut ia menyampaikan, setiap dari kita punya tanggung jawab, oleh karena itu keamanan kota bandung dimulai dari keamanan wilayahnya masing masing, seperti RT dan RW.

"Gunakan pola pendekatan keamanan yang komunikatif, dialogis, selalu waspada.

Hari ini banyak sekali dinamika yang mengancam kondusifitas negeri ini. Sebagai jajaran terdepan haruslah linmas jaga lembur yang menjadi garda terdepan untuk memberantasnya,"tutur Ridwan.

Lanjutnya, saat ini suhu politik naik, sebagai jaga lembur harus waspada, redam oleh kita jika ada obrolan yang mengandung kebencian.

"Kuncinya sebagai linmas harua luwes tapi tetap waspada dengan menyampaikan kebaikan-kebaikan,"pungkas Ridwan.

Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto serta para camat se Kota Bandung.