Lansia di Bandung Penuh dengan Kegiatan

Menjadi lansia di Kota Bandung penuh dengan pilihan kegiatan, tidak lagi seperti dulu kesepian di rumah seolah olah terasingkan dari masyarakat yang dapat m

Miftah Minggu, 26 Februari 2017 12:36
Lansia di Bandung Penuh dengan Kegiatan
Lansia di Bandung Penuh dengan Kegiatan


Menjadi lansia di Kota Bandung penuh dengan pilihan kegiatan, tidak lagi seperti dulu kesepian di rumah seolah olah terasingkan dari masyarakat yang dapat menimbulkan depresi dan alzheimer/pikun.


Hal tersebut dikemukakan oleh Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil usai menghadiri acara Kongres Lansia Kota Bandung tahun 2017, di Pendopo Kota Bandung, Sabtu (24/2/2017).


Lanjut ia menyampaikan, hasil laporan diskusi saat kongres menghasilkan 10 gagasan yang nantinya akan dijadikan program.


"Hasil diskusi antara lain mengenai agama mental spiritual, kesehatan, pendidikan, kesempatan kerja, mudah dalam menggunakan fasilitas umum, bansos, transportasi, komunikasi informasi, inklusi sosial, partisipasi sosial. Nah seluruh gagasan ini akan dijadikan program untuk lansia di kota bandung, mudah mudahan prosesnya bisa cepat,"jelasnya.


Dikatakan wali kota di Bandung terdapat lansia sebanyak 194 ribu. 240 masuk panti jompo dan 2500an non potensial atau akan masuk panti jompo.


"Kita harap dengan sebanyak itu lansia di kota bandung bisa teratasi dengan gagasan yang akan dijadikan program. Salah satunya bisa dicontohkan, nanti ada kegiatan Minggu Lansia, dimana tiap hari minggu lansia yang kesepian akan ditemani oleh relawan anak muda dengan kegiatan kegiatan sosial,"tutur Ridwan.


Menurutnya Kota modern itu terjebak hanya nyaman untuk lelaki dewasa.


"Maka saya perbaiki kenyamanan masyarakat. Tiap taman diperbaiki untuk keluarga dan perempuan juga kita berdayakan, termasuk lansia.  Mudah mudahan keputusan kami akan mendapatkan hasil yang baik. Karena kota yang baik adalah kota yang layak bagi semua golongan dan kalangan,"pungkasnya.


PLT Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Mayarakat Kota Bandung (P3APM) Muhammad Anwar menyampaikan, acara ini dihadiri sekitar 500 peserta.


"Mudah mudahan hasil kongres ini bisa menghasilkan kontribusi yang baik kedepan untuk para lansia di kota bandung,"tuturnya.


Lanjutnya, kongres lansia yang pertama ini, nantinya jadi tugas untuk ditindak lanjuti.


"Dalam kongres ini akan ada beberapa gagasan. Nah nantinya gagasan tersebut akan dijadikan beberapa program untuk mensejahterakan lansia,"jelasnya.


Anwar berharap Kongres Lansia ini memberikan hasil yang baik.


"Insya Allah gagasan yang diberikan kspada kami akan di tindak lanjuti, sehingga nantinya akan memberikan kenyamanan untuk lansia di kota bandung,"pungkasnya.


Kongres tersebut dihadiri juga oleh Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial, Ketua TP PKK Kota Bandung Atalia Praratya, Komda Provinsi Jawa Barat Otje Popong Djunjunan, Ketua PWRI Unit OPD Dedi Rahmat.