Peluncuran Program Pengolahan Sampah

Sejalan dengan penerapan muatan lokal pendidikan lingkungan hidup (mulok PLH) bagi sekolah di wilayah Kota Bandung, Walikota Bandung H Dada Rosada SH, MSi, Rabu

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:32
Peluncuran Program Pengolahan Sampah
Peluncuran Program Pengolahan Sampah

Sejalan dengan penerapan muatan lokal pendidikan lingkungan hidup (mulok PLH) bagi sekolah di wilayah Kota Bandung, Walikota Bandung H Dada Rosada SH, MSi, Rabu (14/3/07), meresmikan peluncuran program Community Service Project (CSP) di SMA Negeri 11 Jalan H Akhsan  Kecamatan Regol Bandung. 

            Kepala Sekolah SMA Negeri 11, Dsrs H Tedi Hidayat M,.MPd mengatakan, program CSP adalah program yang dirancang dan dilaksanakan oleh siswa yang bersifat kegiatan social kemasyarakatan. Meliputi kegiatan pengelolaan sampah, pembuatan sarana penampungan, pengolahan komposter, penyuluhan, seminar lingkungan hidup, bakti social, K3 dan Pembibitan Penanaman  Pemeliharaan dan Pengawasan Lingkungan Hidup (P4LH). Dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu dan dilakukan di luar jam pelajaran dibawah bimbingan para guru.

Dijelaskan Tedi, CSP merupakan salah satu dari 10 program, sebagai tindak lanjut kesepakatan kerjasama antara Pemkot Bandung dengan Sampoerna Foundation United Scholls Program (SF-USP), yang ditandatangani Mei 2006 lalu. Kebetulan saat ini, dimanfaatkan para siswa United World Colleges (UWC) Hongkong yang sedang melakukan kunjungan, sebagai salah satu aktivitas social dalam bidang lingkungan hidup yang wajib dilakukannya setiap tahun.

Melalui kegiatan CSP ini, diharapkan Tedi, siswa memiliki kepekaan dan kepedulian serta tanggungjawab social termasuk permasalahan lingkungan, melatih siswa bekerja secara kelompok serta berfikir kreatif dan inovatif.

Sementara pelaksanaan program sekolah hijau, SMA N 11 telah memiliki 11 sumur resapan, 42 pohon pelindung, 29 prohon produktif, 30 tanaman hias, 72 jenis tanaman obat dan 6 komposter.

Program pengelolaan sampah di SMA Negeri 11, dinilai Walikota, sebagai suatu kepeloporan yang akan memberikan manfaat dalam jangka panjang. Betapa tidak, karena untuk memulihkan kualitas lingkungan hidup Kota Bandung, membutuhkan kebersamaan upaya yang sungguh-sungguh dan waktu yang cukup lama.

Hal ini menurutnya, didasarkan pada kenyataan, Kota Bandung yang memiliki areal terbuka hijau yang terbatas, harus menanggung beban kebutuhan masyarakat yang terus meningkat, yaitu kebutuhan pemukiman dan fasilitas lainnya. Kondisi ini, telah menggeser fungsi lahan yang ada, sehingga menimbulkan penurunan kualitas  lingkungan hidup.

Tanpa perlakuan dan perencanaan pengelolaan lingkungan yang baik, ditegaskan walikota, kerusakan lingkungan akan berdampak pada kesejahteraan umat manusia. Karenanya Pemkot berupaya sekuat tenaga, mempertahankan kesejahteraan warga kota yang terus bertambah, sambil tetap melestarikan dan memperbaiki lingkungan hidupnya melalui 5 gerakan. Termasuk pengelolaan sampah melalui 3 R (Reuse, Reduce, Recycle). Bahkan saat ini sedang dipersiapkan pengelolaan sampah dengan membangun PLTS (pembangkit Listrik tenaga Sampah) di Rancanumpang Gedebage.

“Pro kontra mah, itu hal yang biasa. Tapi sepanjang alasannya tepat dan jelas. Saya akan jalan terus, -- pokoke jalan terusâ€, tegasnya.  Karena menurutnya, untuk lahan bangunan PLTS ini, di kota Bandung tidak ada lokasi lain yang tepat dan memungkinkan, kecuali Gedebage.

Kalau ada yang menyarankan di luar kota Bandung, Pemkot juga sudah sangat lama mencari ke sejumlah tempat, tapi tak satupun yang jadi.  Bahkan PD Kebersihan sempat tertipu Rp. 550 juta oleh salah seorang warga Kabupaten Garut. Pemkot Bandung berupaya, membuat sampah menjadi bermanfaat di kota ini, tidak polusi, tidak bau.(www.bandung.go.id)

Berita Terkait

img
Sabtu, 13 Agustus 2016 09:32

Peristiwa Bandung Lautan Api Surat Kabar

img
Sabtu, 13 Agustus 2016 09:32

Kegiatan Peringatan 61 Peristiwa BLA

img
Sabtu, 13 Agustus 2016 09:32

Gebyar Penghijauan Stadion Siliwangi

img
Sabtu, 13 Agustus 2016 09:32

Ganti Nama

img
Sabtu, 13 Agustus 2016 09:32

Surat Keterangan

img
Sabtu, 13 Agustus 2016 09:32

Kutipan Ke 2 - kali