Sekda Kota Bandung Lantik 139 Pejabat Eselon III dan IV

Mutasi pegawai dan pejabat dengan alasan apapun,  hakekatnya merupakan kebijakan pimpinan untuk meningkatkan mutu dan produktifitas kerja. Paling tidak, akan m

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:33
Sekda Kota Bandung Lantik  139 Pejabat Eselon III dan IV
Sekda Kota Bandung Lantik 139 Pejabat Eselon III dan IV

Mutasi pegawai dan pejabat dengan alasan apapun,  hakekatnya merupakan kebijakan pimpinan untuk meningkatkan mutu dan produktifitas kerja. Paling tidak, akan melahirkan kesegaran suasana kerja yang dapat mendorong prestasi aparat dalam pelayanan publik. Bahkan bagi yang memiliki motivasi dan membuktikan prestasinya, dapat mengembangkan potensialitas dan prestasinya  pada kedudukan yang lebih tinggi.

Berkaitan dengan hal ini, Walikota Bandung, H Dada Rosada SH, MSi yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda), DR H Edi Siswadi MSi selain melantik 139 pejabat struktural dilingkungan Pemerintah Kota Bandung, juga memberhentikan 17 aparatnya baik baik karena pensiun, alasan lain atau karena meninggal dunia, Kamis 16/05/07) di ruang Serbaguna Balaikota Jalan Wastukancana 2 Bandung.

Acara ditandai penandatangan berita acara sumpah jabatan dan surat pernyataan kontrak jabatan, simbolis dilakukan Drs Kelly Solihin sebagai Kepala Kantor Sosial Kota Bandung dan Drs Suardi sebagai Sekretaris Kecamatan Bandung Wetan. Disaksikan Asisten Administrasi, H Tjutju Nurdin dan Kepala Bawasda, H Soekarno.

Walikota dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda mengemukakan, pergantian pejabat mengandung harapan masyarakat, agar pemerintah meningkatkan kemampuan dalam merealisasikan fungsinya berupa pelayanan. Karena kondisi saat ini, tuntutan masyarakat akan pelayanan aparat, jauh lebih tinggi dibanding dekade-dekade sebelumnya.

Penyebabnya adalah, semakin pahamnya masyarakat akan hak dan kewajibannya, selain juga semakin besar dan rumitnya tantangan yang dihadapi masyarakat untuk berperan sebagai subyek pembangunan. Karenanya sejalan dengan visi Kota Bandung sebagai kota jasa yang bermastabat, menuntut adanya syarat dan usaha aparat yang bersih. “Kebersihan mental dan moral aparat, sangatlah penting dan harus menjadi perhatian khusus, karena hal ini merupakan awal  dan esensi lahirnya kewibawaan”’kata walikota.

Kemampuan yang tinggi tanpa kebersihan mental dan moral, menurutnya, akan merupakan pisau tajam, semakin terasah tajam,justeru semakin membahayakan. Kepada seluruh pejabat termasuk yang baru dilantik, walikota minta agar berhati-hati dalam melangkah dan mengartikan hak dan kewenangan saudara. “Saya perlu ingatkan, bahwa Pemerintah Kota Bandung, tidak memerlukan pegawai yang bekerja hanya untuk mendapatkan nafkah semata, apalagi sampai menyalahgunakan wewenang dan kesempatan, hanya untuk kepentingan diri sendiri. Apabila ada pejabat yang keluar dari aturan abahkan nyata-nyata merugikan negara dan masyarakat, Saya tidak segan-segan akan mengambil tindakan tegas” kata walikota mengingatkan.

Walikota juga minta, para pejabat untuk memberikan contoh atau tauladan kepada para bawahannya, terutama mengenai perilaku keseharian dan cara berpakaian sampai kehadiran dalam apel mulai kerja. Para pejabat juga harus mampu memberikan pelayanan prima, cepat bertindak, teliti dalam bekerja dan ketangguhan dalam setiap pelaksanaan tigas, serta siap melayani masyarakat 24 jam penuh. “Kalau ada pejabat yang tidak mampu mengikuti gaya pelayanan seperti ini, sebaiknya mengusulkan untuk mengundurkan diri sebagai pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Bandung. Saya akan menggantikannya dengan pejabat lain yang lebih mampu”, tegas walikota.

Selain Drs Kelly Solihin, MSi, 12 orang pejabat Eselon III.a yang dilantik, diantaranya adalah Drs Darmawan menjadi Kepala Sub Dinas Perencanaan Program pada Dinas Pendapatan Daerah, Ajudin Suriadinata SH menjadi Ka Bag TU Dishub, Drs Yusus Suhaya menjadi Ka Sub Dinas Kesejahteraan Tenaga Kerja dan Penganggur Disnaker dan Drs Eli Harliani menjadi Sekretaris badan Keluarga berencana Kota Bandung dan Agus Slamet Firdaus menjadi Ka Sub Dinas Promosi dan Informasi pada Disinkom. Sementara satu-satunya pejabat Eselon III.b yang dilanting adalah Drs Eddy Marwoto menjadi Ka Bidang Penyidik pada Sat Pol PP.

Pejabat Eselon IV.a yang dilantik sebanyak 75 orang, diantaranya Drs Asep Kusnadi menjadi Kepala Seksi pertunjukan Rakyat pada Disinkom., Iwan Rusmawan SE menjadi Ka Seksi Aneka Wisata Dinas Pariwisata, Hj Wati Hasnawati menjadi Ka Seksi Bibliografi dan Deposit pada Kantor Perpustakaan umum dan Arsip Daerah, Drs Iwan Sumaryana menjadi Sekcam Buahbatu, Jaja Nurzaman S.Sos menjadi Ka Sub Bag Inventaris dan Analisa Kebutuhan pada Bagian Perlengkapan, Drs Dudi Sumardi menjadi Ka Seksi Pembukuan dan Pelaporan Dispenda, Ir Win Sepridjal, MSi menjadi Kepala Sub Bag Tata Usaaha pada Kantor Litbang.

Pejabat Eselon IV.b yang dilanti sebanyak 47 orang, diantaranya Mumung BA menjadi Kepala Seksi Kemasyarakatan Kelurahan Paledang/Lengkong, Kusmayadi, SE menjadi Ka Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kelurahan Cihaurgeulis/Cibeunying Kaler, Tono Hartono menjadi Ka Seksi Tarmtib Kelurahan Citarum/Bandung Wetan, Siti Handariani menjadi Ka Seksi Pemerintahan Kel Pasirlayung/Cibeunying Kidul, Triyono menjadi Sekretaris Kelurahan Cigondewah/Bandung Kulon, Wawan Hermawan menjadi Sekretaris kelurahan Pasirluyu/Regol,  Drs Dian Rusdianto menjadi aSekretaris kelurahan Cibangkong/Batununggal.  (www.bandung.go.id)