Perda

Walikota Resmikan Rehab 2 Rumah Kumuh di Kec. Coblong

Walikota Bandung H.Dada Rosada, SH, MSi Kamis (27/04/06) meresmikan dua rumah kumuh yang telah selesai direhab dengan bantuan APBD Tahun 2005, Peresmian secara

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:31
Walikota Resmikan Rehab 2 Rumah Kumuh  di Kec. Coblong
Walikota Resmikan Rehab 2 Rumah Kumuh di Kec. Coblong

Walikota Bandung H.Dada Rosada, SH, MSi Kamis (27/04/06) meresmikan dua rumah kumuh yang telah selesai direhab dengan bantuan APBD Tahun 2005, Peresmian secara simbolis ditandai dengan penyerahan kunci rumah oleh walikota kepada pemilik rumah.di halaman rumah Ny. Tuti warga RW.12 Kelurahan Dago.Kecamatan Coblong. Acara dihadiri sejumlah anggota DPRD Kota Bandung, para pejabat public, Camat Coblong Drs. Roni Achmad Nurudin, dan masyarakat setempat.

Dua rumah yang diresmikan adalah milik Endang Supandang di Jl. Cisitu lama kelurahan Dago, di rehab menghabiskan biaya Rp 7,2 dan milik Ode Sudradjat di Dago atas, menghabiskan biaya Rp.9,9 juta.

Sementara 6 rumah yang akan direhab, dilaporkan Roni, diantaranya dengan bantuan dana APBD Tahun 2006, masing masing milik Nandang Komarudin warga RW 03 Kelurahan Lebakgede, Nana (RW.12), Turutino (RW.19) Kelurahan Dago dan Oman Sonjaya (RW.01) Kelurahan Cipaganti. Sedangkan dua rumah lainnya, diusulkan untuk mendapat bantuan dari BAZ Kota Bandung dan Yayasan Budha Tzu Chi Internasional Perwakilan Bandung.

Walikota H. Dada Rosada dalam sambutannya menyebutkan, pasca krisi multi dimension, jumlah keluarga miskin di Kota Bandung mencapai 76.000 KK, Diantaranya 1.000 KK menempati rumah kumuh yang diharapkan selesai direhab pada Tahun 2007. Karenanya Pemerintah Kota Bandung bersama DPRD berupaya melalui APBD Tahun 2005, menganggarkan bantuan rehab 52 rumah-kumuh atau 2 rumah/kecamatan, dengan besaran Rp. 5 Juta/rumah.

Sedangkan dalam Tahun Anggaran 2006, bantuan ditingkatkan menjadi 104 rumah kumuh atau 4 rumah/kecamatan. Bahkan dalam anggaran perubahan (ABT) Tahun 2006, diupayakan akan ditambah jumlahnya.

Namun menurut walikota, kemampuan Pemkot masih sangat terbatas, sehingga untuk mengatasinya, diharapkan adanya kepedulian dan partisipasi dari warga yang memiliki kemampuan lebih.

“Sebesar apapun bantuan yang diberikan, asal ada kemauan dan keikhlasan, tentunya akan dapat menyelesaikan permasalahan” ucap walikota.

Hingga saat ini, termasuk kecamatan Coblong, walikota telah meresmikan hasil rehab rumah kumuh sebanyak 10 rumah di 5 Kecamatan, yaitu di Kecamatan Sukajadi, Kec Andir , Kec. Cidadap dan Kec. Sukasari masing-masing 2 rumah, sekaligus menyerahkan bantuan sebesar Rp. 20 Juta, masing-masing untuk rehab 4 rumah kumuh keluarga kurang mampu di tiap kecamatannya.