Pemda

RECHEKING LOMBA KELURAHAN TINGKAT JAWA BARAT

Tim Recheking lomba kelurahan dan desa tingkat Provinsi Jawa Barat, Selasa (3/07) kembali mengunjungi Kel. Cigending, Kec. Ujung Berung. Hal ini dilakukan karen

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:33
RECHEKING LOMBA KELURAHAN TINGKAT JAWA BARAT
RECHEKING LOMBA KELURAHAN TINGKAT JAWA BARAT

Tim Recheking lomba kelurahan dan desa tingkat Provinsi Jawa Barat, Selasa (3/07) kembali mengunjungi Kel. Cigending, Kec. Ujung Berung. Hal ini dilakukan karena Kel. Cigending merupakan salah satu dari empat kelurahan di Jawa Barat yang masuk nominasi untuk memenangkan lomba Kelurahan dan Desa Tingkat Jawa Barat.

Walikota Bandung, Dada Rosada, SH, M.Si. Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Tata Praja. Drs. H. Kiki Ahmad Zakia, M.Si. mengatakan kehadiran tim rechecking di Kota Bandung untuk melakukan evaluasi secara langsung merupakan suatu kehormatan bagi masyarakat Kota Bandung, khususnya warga kel. Cigending.

“berbagai hasil pembangunan yang telah di capai di kelurahan Cigending, bisa terwujud, tentunya berkat usaha dan kerjasama antara warga masyarakat dan Pemerintah Kota Bandung†Ucapnya.

“ upaya masyarakat kel Cigending yang tersebar di 11 Rukun Warga, dalam melaksanakan pembangunan telah dilaksanakan dengan mengerahkan segenap potensi yang ada, tetapi kami menyadari bahwa hasil pembangunan yang telah dilaksanakan belum memenuhi harapan masyarakat, ujarnya.

Sambutan Gubernur Jawa Barat yang dibacakan oleh ketua Tim Recheking Dra. Hj. Nenny K. Mengatakan Bahwa Perlombaan Kelurahan dan Desa ini tidak akan bisa dicapai secara instan oleh masing-masing kelurahan atau desa, tapi memerlukan usaha dan proses yang panjang. Perlombaan ini juga merupakan salah satu kegiatan yang strategis dalam rangka untuk menilai keberhasilan program pemerintah di tingkat desa atau kelurahan.

“juara dari perlombaan ini akan mewakili Jawa Barat dalam lomba kelurahan dan desa tingkat nasional, dan akan diikutsertakan dalam kegiatan HUT RI ke-52 di Jakarta. Sedangkan untuk nominasi 1 sampai 4 akan diikutsertakan dalam kegiatan HUT RI tingkat Jawa Barat†ucapnya.

Dalam eksposenya  Lurah Cigending, Drs. Asmara Hadi, menjelaskan mengenai sejarah, kondisi geografis, demografis dan sosiologis, Kel. Cigending, potensi yang ada, juga kegiatan-kegiatan pembangunan, sampai prestasi yang pernah diraih diantaranya : Juara III BKB Tingkat Propinsi Jawa Barat tahun 2006 (atas nama BKB Melati RW03), Juara II Lomba K3 tahun 2005 tingkat kota Bandung, Juara I Lomba Gapura Hut RI dan Kota Bandung ke-195 tahun 2005 (atas nama RW 06), Juara II POSYANDU Tingkat Kota Bandung tahun 2003, Juara III PKK Tingkat Kota Bandung tahun 2003, Juara I Lomba Desa/Kelurahan Tingkat kota bandung dan Juara II Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 1995.

Sedangkan Drs. Ade Setiawan Saripin, Bsc. Selaku ketua LPM Kel. Cigending, menjelaskan mengenai kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh LPM seperti di bidang Lingkungan Hidup yaitu dengan menanam pohon pelindung, pohon produktif, pembuatan sumur resapan, juga penanaman Bunga. Ada yang menarik dari LPM Cigending yaitu mempunyai strategi dalam pelaksanaan program pembangunan  yaitu â€KETER-KETER-KEBER-KEAK†(Keterbukaan, Keterpaduan, Kebersamaan dan Keakraban), bersama Kelurahan dan Masyarakat Cigending.

Dra. Yosi Oktariana, selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kel. Cigending, menjelaskan tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan PKK Kel. Cigending, juga keberhasilan yang mereka raih yaitu : Juara III BKB Kemas Tingkat Prop. Jawa Barat 2006 (an. BKB Melati RW.03), Juara II Posyandu TK. Kota Bandung (an.Posyandu Mawar rw.08), juara II lomba paduan suara dalam rangka HKG-PKK-KBKES, 2005, juara II Posyandu TK. Kota Bandung, 2003,  dan Juara III PKK TK.Kota Bandung, 2003 (www.bandung.go.id)