Perda

Jabar Tuan Rumah Peringatan Harganas

Jawa Barat ditunjuk menjadi tuan rumah peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XIII, 21-29 Juni 2006. Peringatan itu rencananya akan dipusatkan di Kota dan

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:31
Jabar Tuan Rumah Peringatan Harganas
Jabar Tuan Rumah Peringatan Harganas

Jawa Barat ditunjuk menjadi tuan rumah peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XIII, 21-29 Juni 2006. Peringatan itu rencananya akan dipusatkan di Kota dan Kab. Bandung, dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Demikian diungkapkan ketua umum panitia peringatan Harganas XIII, Susiawati Ma'ruf kepada wartawan, usai memimpin rapat pleno Harganas XIII di Ruang Sidang DPRD Jabar, Senin (8/5).

Susiawati mengatakan, dalam rangkaian peringatan Harganas ada yang menarik, yakni kegiatan bedah kampung yang akan dilakukan di Kampung Cicayur, Desa/Kecamatan Cimenyan, Kab. Bandung. "Kegiatan tersebut berupa perbaikan sarana umum, termasuk rumah-rumah warga, yang dilakukan oleh warga kampung tersebut, dibantu masyarakat lain, termasuk para pejabat, artis, dan lain-lain," paparnya.

Menurutnya, bedah kampung adalah suatu kegiatan yang bertujuan membangun kesadaran gotong royong masyarakat terhadap kampungnya yang agak luntur. Namun, lanjutnya, program ini belum menjadi program nasional.

Harus aktif

Gubernur Jawa Barat, Drs. H. Danny Setiawan mengatakan, program bedah kampung di Kampung Cicayur merupakan pilot project yang harus ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah setempat. Selain itu, warga kampung yang dibantu harus aktif, tidak boleh pasif.

Ia menuturkan, Cicayur dipilih karena kampung ini kepemilikan lahannya oleh pribadi (masyarakat setempat), berbeda dengan di kampung-kampung lainnya. Sehingga, katanya, layak untuk mendapatkan bantuan melalui program bedah kampung.

Menurutnya, kampung-kampung yang harus mendapat program bedah kampung ini banyak terdapat di kabupaten-kabupaten di Jabar. "Jangankan di kabupaten, di kota-kota pun, termasuk di Kota Bandung, masih terdapat kampung yang harus mendapatkan bantuan bedah kampung," tambahnya.

Gubernur menjelaskan, program bedah kampung melalui kegiatan Harganas ini untuk mencapai keluarga sehat di Jabar. Kualitas keluarga sehat di Jabar, katanya, memberikan kontribusi 40% kepada lingkungan sehat. Kualitasnya akan naik apabila kualitas kesehatan lingkungannya (kampung sehat) pun naik.