Kesehatan

Kasus Covid-19 Meningkat, Yuk Perketat Prokes dan Vaksinasi

Kasus Covid-19 di Kota Bandung mengalami peningkatan. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mencatat ada 1.023 kasus konfirmasi Covid-19 per 15 November 2022 dengan 180 kasus baru.

Humas Kota Bandung Rabu, 16 November 2022 15:10
img
img
img
img
img
img
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Bandung Ira Dewi Jani

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Bandung, Ira Dewi Jani mengingatkan kepada masyarakat Kota Bandung untuk senantiasa menjaga protokol kesehatan dan segera melakukan vaksinasi untuk mencegah penularan Covid-19.

“Terjadi peningkatan kasus per 15 November 2022,” ujar Ira dalam Bandung Menjawab edisi Rabu, 16 November 2022.

Ira melanjutkan, saat ini status positivity rate di Kota Bandung berada di angka 8,8 persen dengan level BOR di angka sekitar 20 persen dengan konversi 13 persen dibandingkan era ledakan pandemi pada pertengahan 2021.

“Pada awal Oktober, kasus Covid-19 di Kota Bandung sangat landai. Kasus konfirmasi aktifnya di angka 229 dalam satu pekan. Angka itu naik terus hingga saat ini,” ujar Ira.

Terkait pelonggaran aktivitas di Kota Bandung yang diterapkan beberapa waktu ke belakang, Ira menyebut hal itu sudah sejalan dengan instruksi Pemerintah Pusat. 

Berdasarkan hasil kajian, posisi Kota Bandung berada pada PPKM level 1, di mana semua aktivitas sosial mendapat relaksasi hingga mendekati normal.

Di sisi lain, Ira menyebut peningkatan kasus di sebuah wilayah terjadi karena adanya varian (Covid-19) baru. Seperti misalnya varian XXB.

Meski demikian, Ira mengajak masyarakat Kota Bandung untuk tetap tenang. Sebab menurutnya, ikhtiar mengatasi pandemi ialah dengan menerapkan protokol kesehatan serta melakukan vaksinasi.

Adapun di tengah peningkatan kasus Covid-19, stok vaksin di Kota Bandung dinyatakan mencukupi. Dalam tiga tahap, Kota Bandung mendapat jatah 5.000 vial vaksin Pfizer. 

Sebagai informasi, 1 vial dosis bisa digunakan untuk 6 orang, sehingga stok vaksin tambahan tersebut berada di kisaran angka 30.000 dosis.

“Saat ini terkait pembatasan kegiatan, saya rasa kita masih mengikuti arahan Kemendagri, dan ini pun sudah sesuai ya. Mungkin cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mengetatkan lagi protokol kesehatan dan segera melakukan vaksinasi,” pesan Ira.

Terkait info vaksinasi, anda bisa memantau ketersediannya di media sosial Dinas Kesehatan Kota Bandung. 

Di tempat terpisah, Wali Kota Bandung Yana Mulyana memastikan langkah yang dilakukan Pemkot Bandung dalam mencegah lonjakan kasus Covid-19 antara lain dengan mempersiapkan fasilitas kesehatan yang ada.

Terkait pembatasan kegiatan sosial, Yana menyebut hal itu bersifat kasuistis.

“Kasuistis. Mungkin bukan kegiatannya yang diberhentikan, tetapi kapasitasnya yang dikurangi,” ujar Yana.

Ia juga mengingatkan seluruh masyarakat Kota Bandung untuk senantiasa menjaga protokol kesehatan.

“Minimal gunakan masker saat beraktivitas,” pesan Yana.

Adapun terkait info vaksinasi, anda bisa memantau ketersediannya di media sosial Dinas Kesehatan Kota Bandung. (ray)**


Kepala Diskominfo Kota Bandung

Yayan A. Brilyana