Pemerintahan

Lagi! Pemkot Bandung Raih Dua Penghargaan SPHP Award

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian berhasil meraih dua penghargaan dalam SPHP Award Tingkat Provinsi Jawa Barat, Jumat 24 November 2023.

Humas Kota Bandung Sabtu, 25 November 2023 13:07

Dua penghargaan tersebut yakni Juara 3 Penyelenggaraan Gerakan Pangan Murah (GPM dan Juara 3 Pengelola Cadangan Pangan.

Atas hal itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Gin Gin Ginanjar mengaku bersyukur atas penghargaan yang didapatkan. 

Ia menyebut keberhasilan ini merupakan penilaian atas kinerja kota Bandung menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan melalui GPM yang dianggap cukup masif.

"Apalagi kemarin kita ada inovasi GPM On the road. Kita masuk ke wilayah-wilayah relatif jauh dari pasar, inginnya kita 151 Kelurahan," kata Gin Gin, Sabtu, 25 November 2023.

"Ini merupakan inovasi pertama di Jawa Barat selain kita GPM di tempat. Kita juga mobile menggunakan kendaraan," imbuhnya 

Sedangkan pengelolaan cadangan pangan, kata Gin Gin, Kota Bandung dianggap punya kemampuan untuk mengelola cadangan pangan dengan memiliki cadangan pangan mandiri selain dari Bulog.

"Kota Bandung juga punya cadangan pangan mandiri berupa beras yang bisa membantu ketersediaan pangan. Kemudian laporan dan data cadangan pangan kita selalu tersedia serta kondisi cadangan pangan yang selalu tersedia dan tercukupi ini salah satu kriteria penilaian." ujarnya.

Ia mengatakan, Gerakan Pangan Murah terbukti dapat menjaga stabilitas harga pangan. Kedepan, DKPP Kota Bandung akan meneruskan program GPM tersebut dan akan dilaksanakan di 30 ke amagan secara serentak.

"Kita akan teruskan GPM On The Road selain GPM di 30 kecamatan tahun 2024 kita lakukan serentak. Kita juga akan buka kios pangan yang akan koordinasi dengan UMKM dan Perumda Pasar untuk menyiapkan kios yang kita suplai dari para petani," katanya. (rob)**


Kepala Diskominfo Kota Bandung

 

Yayan A. Brilyana