Walikota Bandung, H. Dada Rosada Tandatangani Kerjasama Dengan 5 Perguruan Tinggi Bandung

Untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sangat memerlukan sumbangan

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:34
Walikota Bandung, H. Dada Rosada Tandatangani Kerjasama Dengan 5 Perguruan Tinggi Bandung
Walikota Bandung, H. Dada Rosada Tandatangani Kerjasama Dengan 5 Perguruan Tinggi Bandung

Untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sangat memerlukan sumbangan tenaga dan pikiran dari lembaga pendidikan perguruan tingggi.

Pengalaman menunjukan, Kota Bandung dengan segudang perguruan tinggi swastanya maupun negeri, mengundang image, harus lebih baik dari daerah kota maupun kabupaten lainnya. Karena dengan potensi ini, Kota Bandung ibarat laboratorium raksasa tempat dosen dan mahasiswa melakukan penelitian, sekaligus mempraktekkan hasil kajiannya.   

Berkaitan dengan ini, Walikota Bandung, H. Dada Rosada SH, M.Si atas nama pemerintah kota melakukan penandatanganan nota kesepahaman kerjasama dengan 5 perguruan tinggi Bandung, masing-masing diwakili Rektornya, yaitu Prof. Dr. Djoko Santoso (ITB), Prof. Ganjar Kurnia (Unpad), Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata, M.Pd (UPI), Dra. Endang Wirjatmi Trilestari, M.Si (STIA-LAN RI), Prof. Dr. Cecilia Lau Giok Swan, M.Si (Unpar), bertempat di Pendopo Jalan dalem Kaum Bandung, Senin (16/06/08).

Sesuai kompetensinya, para pihak beritikad untuk bersinergi mewujudkan kualitas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan yang lebih baik. Dilakukan dalam  bentuk penyelenggaraan penelitian/pengkajian, pendidikan/pelatihan, pengabdian kepada masyarakat dan jasa konsultan pendidikan.

Prof. Dr. Djoko Santoso mewakili 4 rektor lainnya, mengemukakan, pemerintah kota Bandung dan Perguruan Tinggi, mempunyai visi dan misi yang sama yaitu mewujudkan Kota Bandung yang maju, nyaman dan menjadi kebanggaan bersama. Kondisi ini menurutnya akan memberikan kontribusi pada penyelenggaraan pendidikan yang kondusif. “Antara Pemerintah Kota Bandung dengan Perguruan Tinggi, ibarat air dengan ikan,” ungkapnya.

Kerjasama dengan perguruan tinggi, dikatakan walikota, sudah lama dilakukan Walikota-walikota Bandung terdahulu. Tradisi harus terus berlanjut, karena peran perguruan tinggi, telah banyak berkontribusi dalam meningkatkan eksistensi penyelenggaraan pemerintahan kota, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Reformasi birokrasi dan keberhasilan sejumlah kebijakan pembangunan, menurutnya, tidak bisa dilepaskan dari peran perguruan tinggi dengan Tri Dharmanya. Dicontohkan Dada, kebijakan penanganan sampah secara revolusi melalui pembangunan PLTSa di Gedebage, fisibility study (studi kelayakan) termasuk Amdalnya, dikerjasamakan dengan ITB.

Bahkan keberhasilan Kota Bandung meraih penghargaan Widya Krama Pendidikan dari Presiden RI, penghhargaan  Wajar Dikdas Award dan Vokasional Award juga tidak terlepas peran UPI yang menjadikan Kota Bandung sebagai laboratorium raksasanya. ”Untuk itu saya mengharapkan, program pengkajian masing-masing bidang dari perguruan tinggi ini, sudah bisa dimasukkan bulan-bulan ini. Sehingga kita bisa mengusulkan dukungan anggarannya di APBD,” kata walikota.   (www.bandung.go.id)