POL PP KOTA BANDUNG JADI BAROMETER POL PP SE INDONESIA

Kinerja Satol PP Kota Bandung dalam menegakkan ketertiban umum mendapat sorotan dari kabupaten dan kota lain di Indonesia. Hal itu terlihat dari banyaknya Satol

Miftah Sabtu, 13 Agustus 2016 09:46
POL PP KOTA BANDUNG JADI BAROMETER POL PP SE INDONESIA
POL PP KOTA BANDUNG JADI BAROMETER POL PP SE INDONESIA

Kinerja Satol PP Kota Bandung dalam menegakkan ketertiban umum mendapat sorotan dari kabupaten dan kota lain di Indonesia. Hal itu terlihat dari banyaknya Satol PP kabupaten kota lain yang studi banding ke Satol PP Kota Bandung.
"Alhamdulilah kita banyak dikunjungin kabupaten dan kota lain karena dari segi aturan sudah bagus dan menjadi barometer Satpol PP di Indonesia," ujar Kepala Bidang Ketertiban Umum dan ketentraman masyarakat Memet Rahmat Nur saat Bandung Menjawab di Balaikota, Kamis (12/11/2015).
Memet mengatakan sesuai dengan motto kerjanya tiada hari tanpa penertiban, pol PP mampu melakukan penertiban penertiban yang berkaitan dengan PKL yang berada di zona merah di kawasan 7 titik, termasuk reklame liar. Selain kawasan 7 titik tersebut, pol PP juga melakukan penertiban berdasar pada laporan-laporan masyarakat yang disampaikan baik lewat surat, twitter maupun media sosial lainnya.
Sepanjang tahun 2015 ini Pol PP telah menertibkan lebih dari 10 ribu PKL. Pol PP telah melakukan inovasi dengan menggelar penertiban secara kontinyu sehingga saat ini di beberapa kawasan telah terjadi perubahan meski tidak dipungkiri ada kendala dalam penertiban.
"Penertiban di zona merah memang tidak mudah, tapi kita tertibkan tiap hari, kedepan kita perlu ada revisi dalam peraturan daerah yang kaitan dengan barang bukti, barang bukti yang ada tak usah dimusnahkan lagi supaya jera," terangnya.
Pol PP Kota Bandung terus berupaya ketika penertiban selalu diawali dengan pendekatan persuasif dan niak baik melalui relokasi dan penataan.
"Pihak pemerintah kota telah memfasilitasi untuk PKL yang ada dan terdata, namun setelah direlokasi muncul lagi PKL baru," terangnya.
Memet optimis jika ada kolaborasi antar semua pihak tak hanya Satpol PP penegakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat berjalan dengan baik.