Pemda

Kota Bandung Juara Umum MTQ 29 Jawa Barat

Ucapan syukur langsung meluncur dari para kafilah termasuk pembina, pelatih dan official terlebih Walikota Bandung, H Dada Rosada SH, MSi, usai mendengar pengum

Sysadmin Sabtu, 13 Agustus 2016 09:32
Kota Bandung Juara Umum MTQ 29 Jawa Barat
Kota Bandung Juara Umum MTQ 29 Jawa Barat

Ucapan syukur langsung meluncur dari para kafilah termasuk pembina, pelatih dan official terlebih Walikota Bandung, H Dada Rosada SH, MSi, usai mendengar pengumuman dan putusan Dewan Hakim, menyatakan Kota Bandung sebagai Juara Umum MTX 29 Tingkat Propinsi Jawa barat Tahun 2007.  Meraih nilai tertinggi 113, terpaut jauh dari Runner up Kabupaten Cirebon yang mengumpulkan nilai 37 dan Juara III Kabupaten Bandung (35). 

“Alhamdulillah, setelah melalui perjuangan panjang selama 20 tahun, akhirnya kita meraih prestasi tertinggi dalam MTQ. – Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak, semua warga Bandung yang telah mendo’akan, dan yang terutama sekali kepada para peserta. --  Mudah-mudahan apa yang kita raih tidak menjadikan diri kita takabur. Bahkan  ke depan,  Kota Bandung mampu mempertahankannya, kembali menjadi juara umum”, ungkapnya, saat memberikan arahan kepada seluruh kafilah, pembimbing dan official di pemondokan Kafilah Kota Bandung, Hotel Zamrud Jalan  Wahidin Cirebon, Jum’at (20/04/07) malam.

Dalam final, Kota Bandung mampu menempatkan 27 finalisnya, diantaranya berhasil meraih terbaik I, yaitu Musabaqah Tilawatil Qur’an (MRQ) Golongan Anak-anak, Qari’ah Marhamah, MTQ Gol Remaja, Qari Khoeruman dan Qari’ah Imas Nurcahyani. MTQ Golongan Dasar, Qari M Rizkillah Asyiri, Musabaqah Qiraat Al Qur;’an, Qari H Mu’min Mubarok.  Musabaqoh Hifdzil Qur’an Golongan 1 Juz dan Tilawah, Hafidzah Nizmarailah,   Hafidz H Abdurrohman (Gol 10 Juz).

Musabaqah Tafrsiril Qur’an, mufasssir H, A Badrudin dan mufassirah Masruroh. Golongan Bahasa Indonesia, mufassiraoh Sami’ah. Golongan Bahasa Inggris, mufassir Humaeni Rajadi. Musabaqah Khattil Qu’an, khattatat Neneng Hasanah. Golongan Hiasan Mushaf, khattat Purwanto. Dan khattatat Nurul Hikmah. Golongan Dekorasi, khattat H Hassanuddin dan khattatat Neneng Rina Maulani. Musabaqah menulis Kandungan Al Qur’an kelompok putera, Fahd Pandepie. Musabaqah Syahril Qur’an dengan nilai 91,5.

Sejumlah penghargaan dan prestasi di bulan April ini, rupanya bagi Walikota Bandung, H Dada Rosada, mempunyai sejarah dan arti tersendiri dalam kehidupan pribadinya. Usianya akan genap 60 tahun, karena beliau dilahirkan pada 29 April 1947.

April 2007 baginya juga, adalah bulan yang penuh anugerah, betapa tidak, karena di minggu ke tiga April ini, berturut-turut meraih penghargaan baik di tingkat likal maupun nasional. Yaitu penghargaan pengumpul Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tertinggi dari Gubernur Jawa Barat, Drs H Danny Setiawan MSI (17/04), penutupan kawasan prostitusi Saritem (18/04), penghargaan sebagai pembina sepakbola “Suratin Utama” HUT ke 77 PSSI dari Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (19/04),  dan 20 April sekarang, meraih meraih juara umum MTQ.

Prestasi yang diraih kafilah Kota Bandung, dikatakan walikota, bukanlah sesuatu hal  yang tidak disangka-sangka. Bahkan dalam setiap pelaksanaan MTQ, prestasi Kota Bandung relatif baik dengan beberapa kali menjadi runer up. Hanya faktor nasiblah yang belum berpihak.

Namun sudah menjadi rahasia umum, kontingen tuan rumahlah yang bakal menjadi juara umum.  “Ini luar biasa, -- kita mampu meraih prestasi juara umum, meski bukan di kandang sendiri.   – Untuk itu, sebagai ucapan terimakasih kepada seluruh peserta, saya akan berikan uang cendol masing-masing Rp. 1 juta. – Sedangkan untuk uang kadedeuh atau bonus, itu lain lagi nanti setelah di Bandung”, ucapnya.

Untuk pembinaan kedepan, selain kepada para pembimping, walikota minta para camat untuk memperhatikan masing-masing peserta yang menjadi warganya. Bahkan walikota mengharapkan, camat dapat menjadi bapak angkatnya, sehingga dalam even MTQ Nasional mereka akan lebih siap lagi.  

Rencananya, usai penyerahan Trophy Bergilir Juara Umum dari pimpinan kafilah, yang akan dilaksanakan dalam upacara bendera, Senin (23/04), trophy akan diarak keliling Kota Bandung. Rute yang akan dilewati, yaitu start dari Balaikota, Jln Merdeka, Lembong, Tamblong, Asia-Afrika, Sudirman, Rajawali, Garuda, Abdurarahman  Saleh, Pajajaran, Cihampelas, Wastukancana, Riang Martadinata, IR H Juanda, Dipati Ukur, Japati, Surapati, PHH Mustafa, AH Nasution, Bunderan Cibiru, Soekarno Hatta, Kiaracondong/Jl Ibrahim Aji, Gatot Subroto, Simpang lima, Asia Afrika, Sudirman, Otista dan berakhir di Plaza Monumen BLA tegallega.(www.bandung.go.id)