Berita

Warga Cidadap Didorong Ciptakan Produk-produk Berdaya Jual

Untuk melaksanakan tugas memakmurkan wilayah dan warganya, Pemerintahan Kecamatan Cidadap terus mendorong warganya berwirausaha. Warga terus diasah jiwa kewirau

Zalfa Fauziya Rabu, 19 September 2018 09:12
Warga Cidadap Didorong Ciptakan Produk-produk Berdaya Jual
Warga Cidadap Didorong Ciptakan Produk-produk Berdaya Jual

Untuk melaksanakan tugas memakmurkan wilayah dan warganya, Pemerintahan Kecamatan Cidadap terus mendorong warganya berwirausaha. Warga terus diasah jiwa kewirausahaannya untuk menciptakan produk-produk yang mempunyai daya jual

"Salah satu tugas pemerintah yaitu memakmurkan masyarakat. Maka dari itu, kita kembangkan produk unggulan di wilayah Cidadap," kata Camat Cidadap, Yasa Hanafiah pada acara Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Selasa (18/9/2018).

Melalui beragam inovasi, lanjut Yasa yang didampingi Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Cidadap, Franky, Pemerintahan Kecamatan Cidadap bersama seluruh stakeholder terus mendorong warganya untuk melahirkan produk-produk unggulan.

"Masyarakat membuat produk-produk unggulan yang merupakan usaha berbasis keluarga dan kelompok," ungkap Yasa.

Produk-produk yang telah muncul di Kecamatan Cidadap, di antaranya miniatur delman dari karung goni, daun didaur ulang menjadi cenderamata dan kertas, serta sandal hotel. "Produk cenderamata sangat potensial di wilayah Cidadap karena wilayah kami banyak terdapat hotel yang sering dikunjungi wisatawan," katanya.

Menurut Yasa, Cidadap merupakan salah satu kecamatan di Kota Bandung yang mempunyai potensi di sektor perdagangan dan jasa. "Kalau kita survei ke lapangan, dalam seminggu ada sekitar 100 pengunjung ke satu hotel. Kalau diasumsikan ada 25 hotel di Cidadap, maka dalam seminggu ada sekitar 2.500 wisatawan yang datang," ujarnya.

Kehadiran wisatawan di Kecamatan Cidadap, lanjut Yasa, merupakan potensi bagi warga untuk mengembangkan usaha mereka. "Para wisatawan cukup membantu masyarakat, asalkan rajin dan ingin mencoba. Kuncinya ada di warga, peran pemerintahan kecamatan fokus untuk memakmurkan, mendorong agar masyarakat punya jiwa kewirausahaan," ujarnya.

Yasa menekankan, dari semua upaya yang dilakukan Pemerintahan Kecamatan Cidadap untuk mendorong warganya berwirausaha adalah, terciptanya pemerataan pendapatan. Karena hal tersebut merupakan salah satu yang penting untuk memakmurkan wilayah.