Berita

Bersama Atasi Macet, Bertransportasi dengan Carpooling

HumasBandung - Pemkot Bandung terus mencari solusi mengatasi masalah kemacetan. Terdapat dua cara untuk mengatasinya yakni memperbesar suplai dan manajemen dem

Riza Riswanto Rabu, 13 Maret 2019 08:59
Bersama Atasi Macet, Bertransportasi dengan Carpooling
Bersama Atasi Macet, Bertransportasi dengan Carpooling

HumasBandung - Pemkot Bandung terus mencari solusi mengatasi masalah kemacetan. Terdapat dua cara untuk mengatasinya yakni memperbesar suplai dan manajemen demand.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Didi Ruswandi ketika menjadi narasumber pada acara Bandung Menjawab di Taman Sejarah Balai Kota Bandung, Selasa (12/3/2019).

Cara pertama, kata Didi, dengan memperbesar suplai bisa seperti menambah atau memperlebar jalan. Namun mengutip pepatah negara Barat, membuat jalan identik dengan membuat masalah baru. Karena pertumbuhan infrastruktur tidak bisa mengikuti pertumbuhan kendaraan.

“Cara kedua yaitu manajemen demand, yakni manajemen orang bergerak dengan menggunakan transportasi massal,” ungkapnya.

Berdasarkan data Dishub, pengguna transportasi massal di Kota Bandung baru sekitar 17 persen, sisanya masih menggunakan kendaraan pribadi. Untuk itu dalam lima tahun ke depan pihaknya menargetkan peningkatan pengguna transportasi massal menjadi 25 persen.

“Seperti kecil, hanya delapan persen. Tapi butuh effort yang besar,” katanya.

Sebelum sampai pada tahap menggunakan transportasi massal, Dishub mengajak secara halus sedikit demi sedikit agar masyarakat dapat mengubah kebiasaannya. Salah satu caranya dengan ajakan untuk menggunakan transportasi bersama atau carpooling.

humas.bandung.go.id