Kesehatan

Bulan Dana PMI Kota Bandung Sukses Galang Rp1,9 Miliar

Bulan Dana PMI Kota Bandung tahun 2023 sukses menggalang dana dari masyarakat sebesar Rp1,9 miliar. Hal ini berkat dorongan dan dukungan semua unsur yang terlibat dalam kegiatan kemanusiaan.

Humas Kota Bandung Kamis, 21 Desember 2023 20:54
img
img
img
img
img
img

"Kita dapatkan hampir mendekati Rp 2 miliar. Ini sebagai bentuk kepedulian kita untuk sesama masyarakat," kata Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono pada kegiatan Bulan Dana PMI Kota Bandung tahun 2023, di Kantor PMI Kota Bandung, Kamis 21 Desember 2023. 

Menurut Bambang, kegiatan ini mengajak seluruh masyarakat untuk turut andil dalam kegiatan kemanusiaan. 

Ia mengungkapkan, di Kota Bandung ini ada 39 rumah sakit, 400 klinik, artinya kurang lebih 440 pelayanan kesehatan. Ada juga kebutuhan ketersediaan darah setiap harinya 500 labu.

Untuk itu, Bambang mengajak kepada seluruh masyarakat hingga pengusaha untuk menyukseskan bulan dana PMI selanjutnya. Hal ini juga untuk meningkatkan rasa sosial di Kota Bandung. 

"Kita mengajak setiap tahun untuk melaksanakan bulan bakti kemanusiaan. Ini memberikan sebagian rezekinya untuk bersama-sama meningkatkan rasa sosial, " ujarnya. 

Di tempat yang sama, Ketua Umum Panitia Bulan Dana Kemanusiaan PMI Kota Bandung tahun 2023, Asep Saeful Gufron mengungkapkan, target perolehan Bulan Dana PMI yaitu sebesar Rp1.735.600.000

"Alhamdullilah, berkat kerja keras seluruh panitia kita memperolehan bulan dana kemanusiaan PMI Kota Bandung tahun 2023 mencapai Rp1.955.463.500. Dengan hasil yang sangat memuaskan ini, merupakan hasil yang luar biasa besar selama PMI Kota Bandung melaksanakan bulan dana kemanusiaan," ujarnya. 

Asep menyampaikan rekapitulasi hasil perolehan dana yang berhasil dihimpun dari masyarakat Kota Bandung melalui gerakan bulan dana kemanusiaan PMI Kota Bandung tahun 2023 yaitu, penerimaan setoran bidang​ Rp1.955.463.500, biaya pelaksanaan (10 persen), Rp195.546.350, dan setoran wajib bulan dana ke PMI Provinsi Jawa Barat (10 persen) Rp175.991.715. Sehingga hasil yang didapat yaitu Rp. 1.583.925.435

"Dengan jumlah tersebut, diharapkan dapat menunjang program kerja PMI Kota Bandung khususnya dalam memberikan pelayanan korban akibat bencana, pembinaan generasi muda serta program-program lainnya di bidang kemanusiaan," tegas Asep. 

Ia menambahkan adapun waktu penyelenggaraan tanggal 1 Agustus - 30 November 2023. Dengan sasaran bulan dana kemanusiaan PMI adalah pengunjung tempat hiburan, wajib pajak, pedagang pasar dan pengusaha pasar, pengusaha UMKM, pengusaha produk pertamina, pengusaha mall, ritel, pelanggan listrik, telpon dan air minum. 

"Ada juga pemohon SIM, STNK, KIR mobil, serifikat tanah dan perizinan/Polri. Aparatur Sipil Negara Kota Bandung, murid PAUD, TK, Sekolah Dasar dan SLTP. Ada juga rumah sakit, pengusaha alat kesehatan, laboratorium dan apotik. Anggota TNI/Polri hingga masyarakat Kota Bandung melalui RT/RW se-Kota Bandung," bebernya. 

Sementara itu, Ketua Pengurus PMI Kota Bandung, Ade Koesjanto mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Bandung, masyarakat hingga para pengusaha yang telah menyisihkan sebagian rejekinya untuk kegiatan sosial," ungapnya. 

Menurutnya, menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru, PMI Kota Bandung membuka posko di tempat keramaian.

"Pada tahun politik juga kami membuat posko pemilu tiap kecamatan. Mudah-mudahan kegiatan ini berjalan lancar dan para petugas bisa melaksanakan dengan baik dan dalam kondisi sehat," ungkapnya. (yan)**


Kepala Diskominfo Kota Bandung

Yayan A. Brilyana