Pemerintahan

Tuntaskan Rencana Pembangunan 20 Tahun Ke Depan, Pemkot Bandung Gelar Diskusi Publik

Dua tahun dari sekarang atau tepatnya 2025, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan menuntaskan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJDP) 20 tahunan. Hal ini terdokumen dalam Perda nomor 8 tahun 2005 tentang RPJPD tahun 2005 - 2025.

Humas Kota Bandung Senin, 18 Desember 2023 17:03
img
img
img
img
img
img
img
img

Guna keberlanjutan pembangunan jangka panjang tersebut, Pemkot Bandung telah menyusun rancangan awal itu. RPJPD akan menjadi pedoman bagi Wali Kota terpilih selama masa periode 20 tahun mendatang. Semua dijabarkan dalam tujuan, strategi, serta tahapan dan prioritas pembangunan.

"Siklus perencanaan itu sudah diatur oleh undang-undang. Bahwa untuk 20 tahun ke depan ini harus disusun. Sehingga hari ini dilaksanakan konsultasi publik terhadap rancangan awal yang sudah disusun. Kita ingin tahu dan masukan dari publik," kata Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono pada kegiatan Konsultasi Publik RPJPD 2025 - 2045, di Hotel Horison, Senin 18 Desember 2023. 

Menurutnya, forum konsultasi publik ini menjadi wahana untuk menyatukan visi, berdialog dan bertukar pikiran, serta merumuskan visi bersama menuju Bandung yang lebih maju, berkeadilan, dengan pembangunan berkelanjutan.

"Tidak saja menjadi penopang Indonesia Emas 2045, tapi juga kota yang mengglobal dan semakin diperhitungkan dunia internasional. Kita semua berharap kota yang maju ekonominya dan SDM unggul," ungkapnya. 

Ia menegaskan, RPJPD Kota Bandung 2025-2045 disusun menggunakan pendekatan teknokratik, partisipatif, holistik-tematik, integratif, dan spasial. 

Untuk itu, lanjut Bambang, perlu keterlibatan berbagai pelaku pembangunan untuk menghasilkan perencanaan yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat dan permasalahan kota.

"Ini penting sebagai dasar penyusunan perencanaan pembangunan ke depan," tuturnya. 

Di tempat yang sama, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kota Bandung, Anton Sunarwibowo mengungkapkan, forum konsultasi publik ini merupakan salah satu tahapan dari sekian banyak tahapan penyusunan RPJPD Kota Bandung tahun 2025-2045. 

"Dimulai dari penyusunan rancangan awal RPJPD hingga penetapan RPJPD," ujarnya. 

Menurutnya, sebelum pelaksanaan forum konsultasi publik, telah dilaksanakan serangkaian tahapan dalam penyusunan RPJMD Kota Bandung tahun 2025-2045, di antaranya:

1. Penyusunan evaluasi RPJPD Kota Bandung tahun 2005-2025 pada Juni 2023.

2. Penyusunan "background" studi dan permasalahan dan isu strategis Kota Bandung yang telah dilaksanakan pada periode Oktober - Desember 2023.

3. Tim penyusun RPJPD Kota Bandung tahun 2025-2045 telah disusun pada November 2023.

"Forum konsultasi publik dilaksanakan berdasarkan peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 86 tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah," tuturnya. 

"Ini bertujuan untuk memperoleh masukan penyempurnaan rancangan awal RPJPD Kota Bandung tahun 2025 -2045," ungkapnya.(yan)**


Kepala Diskominfo Kota Bandung

Yayan A. Brilyana