Pemerintahan

Kodim 0618/Kota Bandung Bersama Stakeholder Lain Bebersih Selokan hingga Sungai di Kota Bandung

Beberapa hari ini sejak masuk musim penghujan, Bandung kembali pada suasana dan cuaca sejuknya. Namun, masyarakat juga perlu waspada terkait bencana alam di musim penghujan, salah satunya banjir.

Humas Kota Bandung Kamis, 07 Desember 2023 16:12
img
img
img
img
img
img
img
img

Untuk mencegah terjadinya luapan genangan air, Kodim 0618/Kota Bandung berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan stakeholder lainnya bergerak bersama bersih-bersih selokan hingga sungai, Kamis 7 Desember 2023. Tak hanya itu, mereka juga membersihkan TPS di Gudang Selatan dan Pasar Andir

Dandim 0618/BS Kota Bandung, Kol Inf Donny Ismuali Bainuri menyampaikan, selain mencegah banjir, kegiatan ini juga bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan darurat sampah di Kota Bandung.

"Hari ini kita sedang di lokasi pembersihan sampah di Sungai Cikapundung di pusat Kota Bandung sekaligus menanami bantaran sungai dengan pohon-pohon keras untuk menghindari erosi. Kemudian penanaman pohon juga kita laksanakan di lahan-lahan kritis," jelas Donny.

Pihaknya juga membersihkan sampah di pasar-pasar tradisional dan TPS Gudang Selatan. Sampah-sampah tersebut dibawa ke Satgas Citarum Harum sektor 7 untuk diolah menjadi briket.

"Di daerah Gudang Selatan kita lakukan pengangkutan atau pengosongan TPS. Sampahnya diarahkan ke Satgas Citarum Harum yang berada di sektor 7. Di sana memiliki mesin pengolahan sampah yang dapat mengolah sampah apapun, baik organik maupun non organik menjadi briket," paparnya.

Ia menambahkan, dari hasil evaluasi, penyebab utama banjir di Kota Bandung adalah sampah-sampah yang berada di aliran sungai. Oleh karena itu, di beberapa tempat dilaksanakan pembersihan.

"Jadi kami juga kolaborasi dengan pemerintah daerah, Citarum Harum, dan rekan-rekan dari BBWS, ada Babinkamtibmas, FKPPI, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung, DSDABM, dan lainnya. Semua bersatu padu bekerja sama untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan," sebutnya.

Ia menyebutkan, masih ada beberapa titik daerah rawan banjir maupun bencana alam khususnya tanah longsor di Kota Bandung. Di antaranya daerah Ciumbuleuit dan Ujungberung. 

Untuk mencegah terjadinya pembuangan sampah ke sungai, pihaknya juga melaksanakan patroli secara rutin bekerja sama dengan Satpol PP Kota Bandung, serta melibatkan juga linmas dan para Karang Taruna.

"Kita juga cukup prihatin karena memang faktanya masyarakat banyak yang masih buang sampah di aliran sungai. Jadi selain dibersihkan, kita juga secara rutin melaksanakan patroli untuk mengingatkan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai," ungkap Donny. (din)**


Kepala Diskominfo Kota Bandung

Yayan A. Brilyana