Berita

Kota Bandung Kembangkan Rambutan Tangkue asal Lebak

Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung akan memgembangkan Rambutan Tangkue yang merupakan buah unggulan Kabupaten Lebak. Banten. Budidaya akan dil

Riza Riswanto Selasa, 28 Agustus 2018 11:52
Kota Bandung Kembangkan Rambutan Tangkue asal Lebak
Kota Bandung Kembangkan Rambutan Tangkue asal Lebak

Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung akan memgembangkan Rambutan Tangkue yang merupakan buah unggulan Kabupaten Lebak. Banten. Budidaya akan dilakukan UPT Kawasan Pembibitan Pangan Hortikultura dan Peternakan di Kecamatan Cibiru.

Demikian disampaikan Kepala Dispangtan Kota Bandung, Elly Wasliah usai penandatangan kerja sama antara Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak di bidang pertanian dan perkebunan, Senin (27/8/2018), di Kantor Bupati Lebak.

Elly mengungkapkan alasan dipilihnya Rambutan Tangkue sebagai salah satu buah yang akan dibudidayakan Dispangtan. Rambutan Tangkue, lanjut Elly, ternyata lebih enak dibandingkan dengan Rambutan Rapiah.

"Selain dagingnya lebih tebal, rasa Rambutan Tangkue juga lebih manis dibandingkan dengan Rambutan Rapiah," ujar Elly.

Untuk membantu Kota Bandung mengembangkan Rambutan Tangkue, Pemkab Lebak akan memberikan pendampingan. "Ini bagian dari kerja sama yang disepakati Pemkot Bandung dan Pemkab Lebak," katanya.

Sementara itu, dalam kerja sama antara Pemkot Bandung dan Pemkab Lebak, disepakati Pemkab Lebak akan memasok sejumlah produk pertanian dan perkebunan ke Kota Bandung. Produk pangan unggulan Kabuapten Lebak yang banyak dikonsumsi warga Kota Bandung adalah, beras premium “Si Berang” dan pepaya California.

Selain beras dan pepaya, lanjut Elly, pisang dan manggis merupakan produk lain dari Kabupaten Lebak yang mempunyai peluang besar dipasarkan di Kota Bandung.

humas.bandung.go.id