Berita

WALI KOTA BANDUNG WAFAT: TOKOH NASIONAL, AGAMA HINGGA BUDAYAWAN BERDUKA

WALI KOTA BANDUNG WAFAT: TOKOH NASIONAL, AGAMA HINGGA BUDAYAWAN BERDUKA

ADMIN Jumat, 10 Desember 2021 08:21
WALI KOTA BANDUNG WAFAT: TOKOH NASIONAL, AGAMA HINGGA BUDAYAWAN BERDUKA
WALI KOTA BANDUNG WAFAT: TOKOH NASIONAL, AGAMA HINGGA BUDAYAWAN BERDUKA

Sejumlah tokoh agama hingga budayawan turut merasakan belasungkawa yang mendalam atas wafatnya Wali Kota Bandung, Oded M Danial. Oded, meninggal dunia pada Jumat, 10 Desember 2021 saat salat sunnah sebelum salat Jumat Masjid Raya Mujahidin Jalan Sancang Kota Bandung. Sedianya Oded akan menjadi khotib salat Jumat.

Usai dilarikan ke RS Muhammadiyah, Kota Bandung, jenazah dibawa ke Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum untuk selanjutnya di makamkan di kota kelahirannya, Tasikmalaya. Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan Bupati Bandung, Dadang Supriatna juga tampak melayat. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bandung K.H Miftah Faridl sempat menjadi iman salah jenazah di Pendopo. K.H Miftah Faridl menyampaikan rasa kehilangan yang mendalam, bukan hanya Oded sebagai Walikota Bandung melainkan juga sebagai ulama.

"Kami merasakan kehilangan tokoh yang sangat baik, tokoh yang dekat dengan umat juga dekat dengan ulama. Beliau bukan hanya pimpinan daerah tapi juga ulama yang banyak berkiprah dalam kegiatan keagamaan," ujarnya.

"Beliau meninggal dalam keadaan yang sangat baik, saat sedang salat, saat menyebut nama Allah, di mesjid dan hari Jumat. Semoga kita dapat melanjutkan kebaikan beliau," ujarnya.

Sementara itu, Ketua PB Paguyuban Pasundan Prof. Dr. H.M Didi Turmudzi M.Si pun menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Wali Kota Bandung. Ia menyebut Oded sebagai sosok pemimpin yang merakyat.

"Keluarga besar Paguyuban Pasundan merasa kehilangan, inshaallah Mang Oded meninggal dalam keadaan khusnul khatimah. eliau adalah sosok yang sederhana dan merakyat," ujarnya.

Oded, terang Didi merupakan alumni Universitas Pasundan yang juga selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang digagas oleh Paguyuban Pasundan. Di antaranya saat peresmian masjid di Taman Sari dan saat menerima penghargaan saat ulang tahun ke 3 PAS TV.

"Rencananya Mang Oded juga akan meresmikan Rumah Sakit Pasundan di Jalan Panatayudha, namun Allah memanggilnya. Selamat jalan mang oded, semoga mang oded mendapat tempat yang terbaik di sisi Allah SWT," ucapnya.

Sedangkan Budayawan Sunda Uu Rukmana menyatakan kehilangan sosok yang dicintai oleh rakyat Bandung.

"Saat mendengar beliau meninggal, saya tidak percaya. Beliau adalah sosok wali kota yang jujur, tidak pernah membeda-bedakan. Akur jeung dulur, panceh na galur. Saya berdoa semoga beliau masuk surga, Insyaallah," tuturnya. (tiwi)