Berita

Soal Ancaman Resesi Global, Ini Kata Wali Kota Bandung

Sejumlah pakar memprediksi pada tahun 2023 mendatang bakal terjadi resesi ekonomi global. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor seperti pengetatan moneter berupa kenaikan suku bunga hingga perang Rusia Ukraina yang masih berlangsung.

Humas Kota Bandung Kamis, 27 Oktober 2022 17:05
Walikota Bandung Yana Mulyana
Walikota Bandung Yana Mulyana

Terkait hal itu, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengaku tengah terus meningkatkan daya beli masyarakat. Salah satunya dengan mendorong perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan menjaga ketahanan pangan.

"Kita tingkatkan daya beli masyarakat.  Kita dorong juga UMKM. Sedangkan ketahan pangan kita pertahankan," tuturnya, Kamis 27 Oktober 2022. 

"Kuncinya tingkatkan daya beli masyarakat, sehingga perputaran ekonomi terjaga," bebernya. 

Untuk itu juga, Yana mengaku tengah mempercepat realisasi belanja anggaran pemerintah. 

"Belanja pemerintah kita percepat. Jadi APBD murni 2023 bisa lebih awal disepakati dengan legislatif. Sehingga pada Januari atau Februari, APBD sudah bisa dieksekusi," jelasnya.

Di luar itu, Yana menghimbau kepada masyarakat agar tidak panic buying. Ia mengimbau agar masyarakat harus lebih bijak dalam sektor konsumsi.

"Pemerintah menjaga stok, baik itu bahan pangan masyarakat dan lainnya. Jadi warga tidak perlu panik buying, beli saja sesuai kebutuhan," imbau Yana. (yan)**


Kepala Diskominfo Kota Bandung


Yayan A. Brilyana